//

KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PENDENGAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reyhan Gufriyansyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Berbicara Di Depan Umum (public speaking) merupakan salah satu soft skill yang dibutuhkan mahasiswa untuk membantu proses belajar di perkuliahan. Akan tetapi masih banyak mahasiswa yang merasa cemas saat berbicara di depan umum. Salah satu hal yang membuat mahasiswa cemas adalah karakteristik pendengar. Latar belakang pendidikan pendengar dinilai memiliki pengaruh terhadap kecemasan yang dialami mahasiswa saat berbicara di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecemasan berbicara di depan umum ditinjau dari karakteristik pendengar pada mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Unsyiah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic random sampling untuk memilih 60 mahasiswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, 30 mahasiswa pada kelompok eksperimen dan 30 mahasiswa pada kelompok kontrol Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Unsyiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model pre-experimental design dengan bentuk intact-group comparison. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Personal Report of Public Speaking Anxiety (PRPSA) yang dikembangkan oleh McCroskey pada tahun 1970. Hasil analisis menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai t(df) = 4,05 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA PRODI PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Wahyu Fastika, 2014)

PENGARUH RELAKSASI OTOT TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (DEA RIZKIANA APRILIA, 2018)

PENGARUH MEWARNAI MANDALA TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA (Sumarno, 2019)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DARI KELUARGA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Deviati, 2014)

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA KEDOKTERAN SEMESTER AKHIR DENGAN DOKTER MUDA FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH BANDA ACEH (Fahmi Abdul Azis, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy