//

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENANGGULANGAN PENEBANGAN LIAR (ILLEGAL LOGGING) (STUDI KASUS DI KECAMATAN TANGSE, KABUPATEN PIDIE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mujuani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Tingkat Partisipasi Masyarakat Sekitar dalam Penanggulangan Illegal Logging (Studi Kasus di Kecamatan Tangse, Kabupaten Tangse)” ini mengangkat masalah partisipasi masyarakat sekitar dalam penanggulangan illegal logging di Tangse, penanggulangan illegal logging oleh masyarakat di Kecamatan Tangse dan ketetapan resam/peraturan yang terkait dengan permasalahan penanggulangan illegal logging di kecamatan Tangse. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam pelestarian hutan Tangse, mengetahui penanggulangan illegal logging oleh masyarakat di Kecamatan Tangse dan untuk mengetahui hubungan tingkat partisipasi dengan penanggulangan illegal logging di Kecamatan Tangse. Populasi penelitian ini adalah seluruh penduduk/masyarakat Kecamatan Tangse yang terdiri dari 28 desa. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel secara random (random sampling), sehingga yang menjadi sampel adalah 27 orang responden yang berasal dari 5 desa berbeda, yaitu Desa Peunalom 1, Peunalom 2, Sarah Panyang, Ranto Panyang dan Desa Blang Dhod. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik statistic yaitu menghitung persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tingkat partisipasi masyarakat dalam penanggulangan illegal logging adalah 65,23%. Berdasarkan kategori persentase tingkat partisipasi masyarakat Kecamatan Tangse berada pada kategori rendah, penanggulangan illegal logging pun masih belum memadai karena belum adanya program yang nyata serta sanksi bagi para pelaku illegal logging di Kecamatan Tangse tersebut. Kata kunci: partisipasi, penanggulangan, illegal-logging

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN PEMERINTAH KABUPATEN PIDIE DALAM MENANGGULANGI ILLEGAL LOGGING (STUDI ANALISIS DI KECAMATAN TANGSE DAN GEUMPANG MENURUT PERSPEKTIF POLITIK LINGKUNGAN) (MUHAMMAD ROZAKI, 2016)

TINDAK PIDANA ILLEGAL LOGGING DI KAWASAN HUTAN LINDUNG BEUTONG (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR NAGAN RAYA) (FITRIA ULJA, 2019)

KEBIJAKAN PEMERINTAH ACEH DALAM MENANGGULANGI ILLEGAL LOGGING DI KAWASAN HUTAN LINDUNG ULU MASEN (Shaivannur, 2014)

PELAKSANAAN KEBIJAKAN PEMERINTAH ACED DALAM MENANGGULANGI PENEBANGANLIAR(SUATU PENELITIAN DI KAWASAN HUTAN KECAMATAN KEUMALA-KABUPATEN PIDIE) (Cut Nazira Natasya, 2020)

TINDAK PIDANA PENEBANGAN KAYU SECARA ILLEGAL DI KAWASAN HUTAN ( STUDI PENELITIAN DI KAWASAN BENER MERIAH) (Muhammad Yani, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy