//

INTERAKSI MASYARAKAT PENDATANG DENGAN MASYARAKAT LOKAL (SUATU STUDI DI KECAMATAN BANDAR, BENER MERIAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Damaiyanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Migrasi atau perpindahan penduduk dapat menyebabkan bertemunya beberapa kelompok yang berbeda dari segi etnis, ras, budaya, maupun agama, sebagaimana yang terlihat di Kecamatan Bandar terdiri dari berbagai macam etnis (suku) dengan latar belakang yang berbeda. Perpindahan penduduk dari daerah asal menuju daerah lain dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan terjadinya interaksi antara masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal. Adapun yang menjadi rumusan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana bentuk interaksi masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal? (2) Bagaimana interaksi masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal dilihat dari segi pendidikan, budaya, bahasa, lapangan pekerjaan, dan agama? (3) Bagaimana konsep interaksi perkawinan campur (amalgamasi) masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal di Bener Meriah?. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan juga menggunakan kajian pustaka dan lapangan, kajian pustaka dilakukan dengan mengumpulkan data-data melalui buku-buku untuk menghasilkan data sekunder sedangkan kajian lapangan dilakukan dengan cara mewawancarai informan untuk menghasilkan data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal di Kecamatan Bandar, sudah berjalan dengan baik dan tidak terjadi konflik di dalamnya. Sedangkan faktor yang menguatkan hubungan di antaranya adalah faktor keagamaan, faktor ekonomi dan faktor tradisi kebudayaan. Berdasarkan hasil penelitian menemukan bahwa dengan adanya interaksi masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal maka terjadi hubungan yang harmonis pada Kecamatan Bandar. Begitu juga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar, karena kedua belah pihak masyarakat mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan. Sedangkan saran dari penulis yaitu bahwa kedua etnis tersebut saling menjaga perasaan dalam kehidupan sehari-hari begitu juga jangan salah menyalah orang lain. Kata Kunci: Interaksi, Masyarakat Pendatang, Masyarakat Lokal

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT PENDATANG DENGAN MASYARAKAT LOKAL DI GAMPONG MEUNASAH MANYANG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Riza Fahmi, 2016)

INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS JAWA, ACEH DAN GAYO DI KAMPUNG PUJA MULIA KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN 1950-2015 (Emi Syahri, 2017)

PROFIL DAN EFEKTIVITAS KOMITE SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PERAN DAN FUNGSI PADA SMP NEGERI 3 BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH. (ZULFADLI, 2019)

PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK OLEH APARATUR PEMERINTAH KECAMATAN BANDAR BENER MERIAH (Noris Firsawan Gunadi, 2021)

“ANALISA KOHESI SOSIAL ANTARA PENDUDUK LOKAL (SUKU GAYO) DENGAN PENDUDUK PENDATANG (SUKU ACEH) DI KAMPUNG MUTIARA PONDOK BARU, KECAMATAN BANDAR, BENER MERIAH”. (Asra, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy