//

EFEK SUHU DAN MASA SIMPAN TERHADAP KUALITAS DAN AKTIVITAS ANTIMIKROBA SUSU YANG DIFERMENTASI DENGAN LACTOBACILLUS CASEI.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Afria Mirdalisa - Personal Name
SubjectLACTOBACILLUS
FERMENTATION - FOOD TECHNOLOGY
MILK - PROCESSING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

RINGKASAN CUT AFRIA MIRDALISA. Efek Suhu dan Masa Simpan terhadap Kualitas dan Aktivitas Antimikroba Susu yang Difermentasi dengan Lactobacillus casei. YUSDAR ZAKARIA dan NURLIANA. Susu fermentasi adalah susu yang melibatkan mikroorganisme untuk menghasilkan rasa, warna, tekstur, dan konsistensi yang diinginkan dan mampu mencegah lactose intolerance. Keistimewaan susu fermentasi terletak pada umur simpan yang lebih panjang dibanding susu segar. Manfaat dari susu fermentasi adalah terdapat pada kandungan metabolit-metabolit hasil fermentasi bakteri asam laktat terutama pada saluran pencernaan dan juga sebagai probiotik sangat efektif pada berbagai kondisi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu dan lama penyimpanan terhadap kualitas dan aktivitas antimikroba susu yang difermentasi dengan Lactobacillus casei. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Pengolahan Susu Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh dari bulan Desember 2014 sampai dengan Februari 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Pola Faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu Faktor a adalah Suhu Penyimpanan -5°C dan 5°C dan faktor b adalah lama penyimpanan susu fermentasi Lactobacillus casei yang terdiri dari 0, 15, 30 dan 45 hari dengan 3 pengulangan. Parameter yang diamati adalah derajat keasaman (pH), kadar asam laktat, kadar protein, sineresis, angka lempeng bakteri asam laktat, Uji daya hambat terhadap bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Suhu dan lama penyimpanan pada susu fermentasi Lactobacillus casei berpengaruh sangat nyata (P

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSENTASE PENGGUNAAN STARTER (LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS DAN LACTOBACILLUS CASEI) TERHADAP KEASAMAN DAN SINERESIS SUSU FERMENTASI YANG DITAMBAHKAN PUREE WORTEL (DAUCUS CAROTA L) (Raudhatul Jannah, 2015)

KEMAMPUAN ANTIBAKTERI LACTOBACILLUS PLANTARUM PADA SUSU KAMBING DAN SUSU BUBUK TERHADAP ENTEROBAKTERICEA (Ade Kardima, 2018)

PERUBAHAN KADAR PROTEIN DAN ASAM LAKTAT SUSU FERMENTASI MENGGUNAKAN STARTER LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS SELAMA PERIODE INKUBASI (Rahman Al Faris, 2015)

PEMBERIAN SUSU FERMENTASI LACTOBACILLUS CASEI SEBAGAI TERAPI DIABETES PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) STRAIN WISTAR (Pratiwi Purnama Sari, 2016)

EVALUASI TOTAL MIKROBA DAN PH SUSU FERMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN STARTER LAKTOBACILLUS ACIDOPHILUS SELAMA PERIODE INKUBASI (Tiurmasari Harahap, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy