//

PERANAN PENCARI TIRAM DALAM MENDUKUNG KETAHANAN EKONOMI KELUARGA DI KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmat Setiawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Peranan Pencari Tiram dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga di Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peranan pencari tiram dalam mendukung ketahanan ekonomi keluarga di Kecamatan Baitussalam Aceh Besar, (2) Bagaimana pola kerja pencari tiram dalam mendukung ketahanan ekonomi keluarga di Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pencari tiram dalam mendukung ketahanan ekonomi keluarga di Kecamatan Baitussalam Aceh Besar, untuk mengetahui pola kerja pencari tiram dalam mendukung ketahanan ekonomi keluarga di Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang masyarakat pencari tiram yang berada di Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengobservasi langsung ke lokasi penelitian dan mewawancarai pencari tiram. Pembahasan dalam penelitian ini yaitu pekerjaan mencari tiram tersebut telah ada sejak mereka lahir dan sudah dikerjakan oleh orang sebelum mereka disaat usia mereka masih remaja sekitar 10 sampai 50 tahun yang lalu, alasannya hanyalah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain mencari tiram, ada juga diantara beberapa dari mereka yang mendapatkan tambahan penghasilan dari pekerjaan lain seperti: Pembuat kue kering, kue basah untuk dibawa ke warung, mencuci pakaian, menjahit, penjual garam keliling, pencetak batubata dan pencari kerang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Peranan Pencari Tiram di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga yaitu peranan mereka bagi keluarganya serta peranan mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan masyarakat sekitar, mereka melakukan aktivitas setiap harinya untuk mencari tiram selain itu juga hubungan baik dengan keluarga lain yang akan memunculkan masyarakat pada suatu daerah tertentu. Ketahanan ekonomi keluarga pencari tiram telah terbentuk, meskipun kesejahteraan belum terwujud namun pencari tiram ikut mendukung ketahanan nasional.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PEMAKAIAN SEPATU BOOTS DENGAN KEJADIAN TINEA PEDIS PADA PENCARI TIRAM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAITUSALAM (Cut Anggi Febri Andasari, 2020)

PERAN PEREMPUAN PENCARI TIRAM DALAM MENUNJANG EKONOMI KELUARGA DI DESA SUKON KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Ummi Kalsum, 2021)

KEPADATAN POPULASI DAN POLA DISTRIBUSI TIRAM (CRASSOSTREA SP.) DI KAWASAN EKOSISTEM MANGROVE LAMBADA LHOK KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (PUTRI NARISA, 2018)

PERANAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI LABUY KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (mariani, 2013)

PEREMPUAN PENCARI BATU HIAS DI GAMPONG ALUE TRINGGADENG KECAMATAN LEMBAH SABIL ACEH BARAT DAYA (Eka Rulisa, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy