//

PENGUKURAN KANDUNGAN KAFEIN DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SEDUHAN BUBUK KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA L.) GAYO PADA BEBERAPA TINGKATAN PENYANGRAIAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bambang Aji Nagan - Personal Name
SubjectCOFFEE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Kopi arabika telah menjadi salah satu komoditi perkebunan unggulan di Indonesia, khususnya yang tumbuh di dataran tinggi Gayo, Aceh. Kayanya khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, menyebabkan kopi menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh varietas serta tingkat penyangraian terhadap kandungan fenol, aktivitas antioksidan, dan kafein yang terdapat pada seduhan kopi arabika Gayo. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial yang terdiri atas 2 faktor. Faktor pertama adalah varietas kopi yang digunakan (V) yaitu V1 = Tim-tim, V2 = Bourbon dan V3 = Ateng Super. Faktor kedua adalah tingkat penyangraian (R) yaitu R1 = penyangraian terang, R2 = penyangraian sedang, dan R3= penyangraian gelap. Setiap perlakuan diulang sebanyak tiga kali sehingga terdapat 27 satuan percobaan. Analisis yang dilakukan meliputi: uji total fenol, aktivitas antioksidan, nilai IC50 yang dibandingkan dengan IC50 vitamin C dan BHT, serta kandungan kafein pada seduhan kopi arabika Gayo. Hasil penelitian menunjukkan tingkat penyangraian berpengaruh nyata terhadap total fenol dan berpengaruh sangat nyata pada aktivitas antioksidan dan kadar kafein seduhan kopi arabika Gayo. Total fenol seduhan kopi arabika menurun dengan meningkatnya tingkat penyangraian. Perlakuan varietas kopi berpengaruh sangat nyata terhadap kadar kafein, kadar kafein tertinggi diperoleh pada varietas Timtim pada setiap penyangraian kecuali pada penyangraian terang. Kata kunci : Kopi arabika Gayo, antioksidan ,IC50, kafein, tingkat penyangraian.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN PADA BUBUK KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) BERDASARKAN KONDISI PENYANGRAIAN DAN PENYAJIAN (Razi Aneiza, 2017)

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN KANDUNGAN TOTAL KAFEIN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA L) GAYO PADA BEBERAPA WAKTU TUNDA PULPING (Maulidiya Izzati, 2016)

PENGARUH VARIASI SUHU DAN LAMA PENYANGRAIAN KOPI ARABIKA GAYO TERHADAP MUTU SENSORI KOPI ESPRESSO (Sabariana, 2018)

PERBANDINGAN DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN DAUN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Sulastri Oktarin, 2018)

PENGARUH TEKNIK PENGERINGAN DAN UKURAN PARTIKEL SERTA WAKTU PENYEDUHAN TEH KULIT KOPI (CASCARA) TERHADAP KANDUNGAN ZAT FITOKIMIANYA (IZZA AL NABILA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy