//

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ALJABAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fauza Usni - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
COLLEGE TEACHING

Abstrak/Catatan

Fauza Usni (2016). Analisis Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah dalam Mengatasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Aljabar. Persamaan linear satu variabel adalah salah satu topik yang dipelajari pada materi aljabar. Siswa masih banyak mengalami miskonsepsi pada materi persamaan linear satu variabel. Miskonsepsi yang dialami siswa harus dapat teratasi dengan adanya strategi dan prosedur mengajar yang tepat untuk merombak pengetahuan yang sudah miskonsepsi dalam pikiran siswa. strategi dan prosedur mengajar yang sesuai dengan materi khusus yang akan diajarkan disebut dengan Pedagigical Content Knowledge (PCK). Calon guru harus memiliki kemampuan PCK yang bagus untuk mengatasi miskonsepsi siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan mengetahui kemampuan PCK mahasiswa calon guru matematika dalam menganalisis hasil kerja siswa yang mengalami miskonsepsi pada penyelesaian soal persamaan linear satu variabel serta prosedur dan strategi yang disarankan untuk mengatasi miskonsepsi tersebut. Lima mahasiswa matematika FKIP Unsyiah menjadi subjek dalam penelitian ini. Kemampuan PCK mahasiswa calon guru dinilai berdasarkan delapan aspek PCK. Data yang diperoleh untuk menilai kemampuan PCK mereka didapat dari hasil jawaban tes, diskripsi yang diberikan mahasiswa calon guru dalam menganalisis miskonsepsi siswa, hasil wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara skor yang diperoleh dari setiap aspek PCK dibagi dengan skor maksimal yang mungkin serta hasilnya dikalikan dengan 100. Hasil penelitian didapat kemampuan PCK dua dari lima Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah masih memiliki kekurangan dalam menyarankan strategi dan prosedur mengajar untuk membantu siswa mengatasi miskonsepsi pada materi persamaan linear satu variabel. Sedangkan dalam menganalisis hasil jawaban siswa yang miskonsepsi, kelima mahasiswa memiliki kemampuan pada kategori baik dan sangat baik. Kata kunci : pedagogical content knowledge, miskonsepsi siswa, persamaan linear satu variabel.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU MATEMATIKA DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Irma Putriyani, 2016)

ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (Rimilda, 2015)

NOTICING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH PADA MATERI OPERASI ALJABAR (Desy, 2017)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA KONSEP MEKANIKA MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2012/2013 (Frima Yanty Berutu, 2014)

KORELASI NILAI MICRO TEACHING DENGAN NILAI PPL MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNSYIAH BANDA ACEH ANGKATAN 2011 (Emi Famila, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy