//

PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU DALAM MENCEGAH KESALAHAN-KESALAHAN ALJABAR PADA SISWA SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DAZRULLISA - Personal Name
SubjectTEACHERS
TEACHING METHODS
ALGEBRA

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dazrullisa. 2016. Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru dalam Mencegah Kesalahan-Kesalahan Aljabar pada Siswa SMP. Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru sangat menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. PCK guru yang baik dapat mencegah kesalahan siswa dalam memahami konsep dan prosedur matematika. Kesalahan siswa dalam memahami Faktorisasi suku aljabar sering terjadi. Oleh karena itu, guru perlu disiapkan untuk mencegah berulangnya kesalahan tersebut. Upaya membantu guru memiliki PCK yang baik dalam mencegah siswa melakukan kesalahan pada Faktorisasi suku aljabar diantaranya melalui bimbingan. Penelitian ini bertujuan untuk (i) menganalisis PCK calon guru yang mendapat bimbingan dan PCK calon guru yang tidak mendapat bimbingan, (ii) mengetahui perbedaan kesalahan-kesalahan aljabar yang dialami siswa setelah diajarkan oleh calon guru yang mendapat bimbingan dan calon guru yang tidak mendapat bimbingan, dan (iii) mengetahui pengaruh PCK calon guru terhadap kesalahan-kesalahan aljabar pada siswa SMP. Subjek dalam penelitian ini dua orang mahasiswa Pendidikan Matematika yang sedang melaksanakan PPL pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 di SMPN 1 Banda Aceh. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan kegiatan pembelajaran, wawancara terhadap calon guru dan siswa, serta tes pada siswa. Data dianalisis secara kualitatif berdasarkan indikator PCK yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (i) PCK calon guru yang mendapat bimbingan dapat dikategorikan baik pada 12 indikator dari 18 indikator dan 6 indikator dari 18 indikator dikategorikan cukup baik, sedangkan PCK calon guru yang tidak mendapat bimbingan dikategorikan baik pada 1 indikator dari 18 indikator yaitu pengetahuan akan sumber-sumber belajar, cukup baik pada 10 indiktor dari 18 indikator dan kurang baik pada 7 indikator dari 18 indikator.(ii) Perbedaan kesalahan yang dialami siswa setelah diajarkan oleh calon guru yang mendapatkan bimbingan dan calon guru yang tidak mendapatkan bimbingan adalah pada kelas yang diajarkan oleh calon guru yang mendapat bimbingan siswa menjawab ke enam soal dengan kesalahan yang masih muncul adalah siswa masih melakukan kesalahan dalam menjumlahkan suku variabel yang berbeda, kesalahan operasi, kesalahan dalam melakukan sifat pencoretan, dan kesalahan tidak menyelesaikan jawaban secara sempurna. Sedangkan pada kelas yang diajarkan calon guru yang tidak mendapat bimbingan siswa hanya menjawab 3 soal dari enam soal dengan kesalahan yang masih muncul yaitu kesalahan tidak menyelesaikan soal secara sempurna, kesalahan dalam menyelesaikan pemfaktoran, kesalahan dalam menjabarkan bentuk pemfaktoran dan penulisan jawaban yang jelas kesalahan dengan menuliskan jawaban langsung tanpa melalui proses penyelesaian (kesalahan memberikan jawaban dalam bentuk persamaan), kesalahan tidak menyelesaikan soal. (iii) Pengaruh PCK calon guru terhadap kesalahan-kesalahan aljabar pada siswa adalah dimana PCK calon guru yang tidak mendapatkan bimbingan, siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh sebab strategi mengajar yang digunakan oleh calon guru kurang melibatkan siswa, kurang menarik perhatian siswa dan kurangnya motivasi yang diberikan oleh calon guru. Sedangkan PCK calon guru yang mendapat bimbingan, siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran (melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran). Calon guru memberikan motivasi diawal pembelajaran dan penguatan kepada siswa. Kata Kunci: Pedagogical Content Knowledge (PCK), Calon Guru, Kesalahan-kesalahan Aljabar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ALJABAR (Fauza Usni, 2016)

ENGLISH TEACHERS’ KNOWLEDGE IN IMPLEMENTING 2013 CURRICULUM (A STUDY AT STATE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOLS IN BANDA ACEH) (RINA MAHJATY, 2017)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN 2017/2018 (NOVITRA YANTI, 2018)

ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA MATERI FUNGSI ALJABAR DI KELAS VIII MTS NEGERI TUNGKOB ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Ismatul Hasni, 2014)

ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (YENNI ZAHRA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy