//

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA RUAS JALAN DIPONEGORO KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Ridha - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jalan Diponegoro Kota Banda Aceh merupakan jalan arteri sekunder yang memiliki lebar efektif ±15,2 m dengan tipe jalan satu-arah yang memiliki kecepatan rencana minimal yaitu 30 km/jam. Pada jalan ini sering terjadi kemacetan yang diakibatkan oleh aktifitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dan kendaraan yang parkir pada badan jalan. Kemacetan yang ditimbulkan akan berakibat kepada meningkatnya Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis selisih BOK pada kondisi existing dengan kondisi menggunakan kecepatan rencana. Panjang jalan yang diteliti adalah ±284 m. Metode yang digunakan untuk menghitung BOK mobil penumpang dan truk adalah metode Pacific Consultant International (PCI), dan untuk BOK sepeda motor menggunakan model hasil studi yang dilakukan oleh DLLAJ Provinsi Bali-Konsultan PTS, 1999. Pengambilan data di lapangan dilakukan selama 3 hari yaitu pada hari kerja (Senin dan Rabu) serta pada hari libur (Sabtu) dalam tiga tahapan waktu waktu pengambilan, yaitu pagi pada pukul 07.00-09.00 WIB, siang pada pukul 12.00-14.00 dan sore pada pukul 17.00-19.00 WIB dengan interval waktu 15 menit. Dari hasil survei yang dilakukan selama 3 hari pengamatan didapatkan volume lalu-lintas harian rata-rata pada ruas jalan ini adalah 1793 smp/hari. Pada kondisi existing diperoleh kecepatan rata-rata adalah sebesar 21,49 km/jam. BOK hasil pengamatan menunjukkan nilai sebesar Rp 3.203.499.044/tahun, sementara itu dari perhitungan BOK kecepatan rencana sebesar Rp 2.577.417.439/tahun, sehingga selisih dari BOK tersebut adalah adalah sebesar Rp 626.081.604/tahun. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan BOK yang cukup significant pada Jalan Diponegoro Kota Banda Aceh, peningkatan yang terjadi sebesar 24,39% dari kondisi rencana.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN PENGATURAN ARAH LALU LINTAS DITINJAU DARI BESARNYA BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (STUDI KASUS JALAN KH AHMAD DAHLAN) (Deny Surya, 2021)

ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT PENGARUH HAMBATAN SAMPING DI JALAN DIPONEGORO KOTA BANDA ACEH (Caesar Dinata R, 2014)

ANALISIS TARIF TOL BERDASARKAN PERHITUNGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) PADA RUAS JALAN TOL SIGLI - BANDA ACEH (Ade Nurmala Sari, 2019)

STUDI PENENTUAN TARIF TOL RENCANA RUAS JALAN TOL SIGLI - BANDA ACEH (QASIM HISBUL WATHAN, 2019)

EVALUASI KEBUTUHAN, MANFAAT DAN KELAYAKAN ‎EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN ALTERNATIF DI KOTA IDI ACEH TIMUR (Zubir, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy