PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA


Pengarang

SHIDQI ISKANDAR - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906101120009

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : Pembelajaran, Project Based Learning, Audiovisual, Hasil Belajar,
Geografi

Model pembelajaran Project Based Learning adalah model pembelajaran
yang mana dalam pembelajaran guru memberikan tugas proyek yang diselesaikan
sendiri oleh siswa dalam kelompok untuk dipresentasikan di depan kelas produk
yang dihasilkan. Guru hanya mengawasi setiap kelompok dalam melaksanakan tugas
proyek yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan
hasil belajar. (2) Aktivitas guru dan siswa. (3) Keterampilan guru. (4) Respon siswa
terhadap model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media
audiovisual. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1
Bandar Baru Pidie Jaya yang terdiri atas 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar
pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, tes hasil belajar
siswa, dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Persentase
ketuntasan individual pada siklus I yaitu 72 persen, siklus II yaitu 88 dan pada siklus
II 92 persen. Secara klasikal persentase ketuntasan pada siklus I yaitu 50 persen,
pada siklus 2 terdapat 80 persen, sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 90
persen; (2) Aktivitas guru dan siswa dikatakan meningkat dari siklus I, siklus II dan
siklus III; (3) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 2,5 di kategorikan
sedang , pada siklus II memperoleh skor 2,8 dengan kategori baik, dan pada siklus III
dikategorikan baik dengan skor 3; dan (4) Respon siswa positif terhadap penerapan
model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audiovisual.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK