//

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME EDUKASI PERMAINAN MISKIN PADA SISWA KELAS X IPS 2 DI MAN BANDA ACEH 1

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT RIKA PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Katakunci: MURDER, hasil belajar, game edukasi, MISKIN , geografi Metode game edukasi MISKIN dengan strategi pembelajaran MURDER hasil pengembangan pembelajaran yang bersifat edukatif dimana permainan tersebut membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran MURDER dengan menggunakan game edukasi permainan MISKIN. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 2 MAN Banda Aceh 1 berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes (pre test dan post test) hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dan angket siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) Persentase ketuntasan individual meningkat pada siklus I 30 siswa tuntas, siklus II 33 siswa tuntas, dan siklus III 35 siswa tuntas sedangkan persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 60% menjadi 90%; (2) Aktivitas guru dan siswa siklus I sampai siklus III mencerminkan penerapan strategi pembelajaran;(3) Keterampilan guru mengelola pembelajaran meningkat, pada siklus I skor 2,46, siklus II 3 dan pada siklus III 3,26 dengan kategori baik; dan (4) Respon siswa setelah mengikuti pembelajaran menjawab strategi pembelajaran menarik, 86,1 persen siswa menjawab strategi pembelajaran masih baru dan soal evaluasi baik, 80,5 persen siswa menjawab materi pembelajaran menarik dan 88,8 persen siswa menjawab penampilan guru menarik, 91,6 persen siswa menjawab suasana kelas menyenangkan, materi dapat dipahami, menumbuhkan motivasi belajar, dan berminat mengikuti strategi pembelajaran MURDER dengan menggunakan metode game edukasi permainan MISKIN.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN GEO-MONOPOLY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 3 BANDA ACEH (CUT MELI ZABELLA, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO DAN GEO-MONOPOLY DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sutriani, 2018)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS I MAN 1 SIGLI (Diah Ramadhani, 2017)

PENERAPAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (meylisa mutia, 2013)

PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Nazlina, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy