//

PENGARUH KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH ROOT UP DAN DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT NANAS ( ANANAS COMOSUS (L.) MERR ) ASAL MAHKOTA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang REZEKI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi ZPT Root Up mana yang terbaik dan dosis POC NASA yang tepat serta interaksi antara kedua faktor tersebut terhadap pertumbuhan bibit nanas asal mahkota. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh, yang dimulai pada bulan Juni sampai Oktober 2014. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 4 x 4 dengan 3 ulangan. Ada dua faktor yang diteliti yaitu konsentrasi ZPTRoot Up terdiri dari 0 mg/L, 100 mg/L, 200 mg/L, dan 300 mg/L, dan dosis POC NASA terdiri dari 0 ml/bibit, 100 ml/bibit, 200 ml/bibit, dan 300 ml/bibit. Peubah yang diamati meliputi presentase setek hidup pada pada umur14 HST dan 28 HST, tinggi tanaman, lebar daun, panjang daun, jumlah daun, lebar kanopi pada pada umur 30, 60, dan 90 HST, berat berangkasan basah, panjang akar, jumlah akar, dan pH media tanam pada pada umur105 HST. Konsentrasi ZPT Root Up berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah daun pada umur 60 dan 90 HST dan berpengaruh nyata terhadap jumlah daun pada umur 30 HST dan berat berangkasan basah pada umur 105 HST, namun berpengaruh tidak nyata terhadap presentase setek hidup pada umur 14 dan 28 HST, tinggi tanaman, lebar daun, panjang daun, lebar kanopi pada umur 30, 60, dan 90 HST, panjang akar, jumlah akar dan pH media tanam pada umur 105 HST. Konsentrasi ZPT yang cenderung terbaik terhadap pertumbuhan bibit nanas adalah konsentrasi 100 mg/L. Dosis POC NASA berpengaruh tidak nyata terhadap presentase setek hidup 14 HST dan 28 HST, tinggi tanaman, lebar daun, panjang daun, jumlah daun, lebar kanopi pada pada umur 30, 60, dan 90 HST, berat berangkasan basah, panjang akar, jumlah akar, dan pH media tanam pada pada umur 105 HST. Dosis POC yang cenderung terbaik terhadap pertumbuhan bibit nanas asal mahkota yaitu dosis 300 ml/bibit. Terdapat interaksi yang tidak nyata antara perlakuan konsentrasi ZPT Root Up dengan dosis POC NASA terhadap semua peubah pertumbuhan bibit nanas yang diamati. Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan dosis POC NASA tidak berbeda responnya pada perubahan konsentrasi ZPT Root Up.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DOSIS KASCING DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT DURIAN (DURIO ZIBETHINUS MURR) HASIL PENYAMBUNGAN (Ibbal Harliza, 2015)

RESPON PERTUMBUHAN BIBIT KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA L.) VARIETAS ATENG KEUMALA AKIBAT PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR BUAH-BUAHAN DAN DOSIS PUPUK FOSFOR (Ainul Marziah, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HAYATI CAIR ULTRA GEN DAN PUPUK MAJEMUK NPK MAHKOTA (12-12-17-2) TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ. ) DI MAIN NURSERY (Rian Jura Arrazi, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN FERMENTASI LIMBAH NANAS (ANANAS COMOSUS L. MERR) TERHADAP BOBOT BADAN DAN PERSENTASE POTONGAN KARKAS BROILER (PRIMA NITTHA, 2017)

PENGARUH EKTRAK BUAH NANAS (ANANAS COMOSUS (L) MERR.) TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA PADA GINGIVA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) (PEMERIKSAAN KLINIS PADA UKURAN LUKA SAMPAI HARI KE 14) (Putri Maulidia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy