//

HUBUNGAN DERAJAT SESAK NAPAS PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK DENGAN SIMPTOM ANSIETAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulianur Rizki - Personal Name

Abstrak/Catatan

PPOK adalah keadaan penyakit yang ditandai oleh keterbatasan aliran udara yang tidak sepenuhnya reversibel. Keterbatasan aliran udara ini berhubungan dengan respons peradangan yang abnormal dari paru terhadap partikel atau udara yang berbahaya. Pasien PPOK umumnya mengeluhkan gejala sesak napas yang cenderung bertambah berat sehingga menimbulkan ansietas yang meningkat pada pasien PPOK yang disebabkan oleh faktor psikologis atau psikopatologis yang mempengaruhi kemampuan pasien dalam mengatasi penyakitnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan derajat sesak napas penyakit paru obstruksi kronik dengan simptom ansietas. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Derajat sesak napas diukur melalui wawancara dengan mengunakan kuesioner Modified Medical Research Council (MMRC) dan simptom ansietas diukur dengan menggunakan Kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Sampel pada penelitian ini adalah pasien yang berobat di Poli Paru sebanyak 49 orang yang diambil secara accidental sampling dari tanggal 16 September 2013 sampai 16 Oktober 2013. Hasil uji Spearman menunjukkan terdapat hubungan derajat sesak napas penyakit paru obstruktif kronik dengan simptom ansietas (p value = 0,003) dengan kekuatan korelasi sedang (r = 0,412). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan derajat sesak napas penyakit paru obstruktif kronik dengan simptom ansietas. Kata kunci: PPOK, Derajat Sesak Napas, Simptom Ansietas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DERAJAT SESAK NAPAS PENYAKIT PARU OSTRUKTIF KRONIK DENGAN SIMPTOM ANSIETAS (Maulianur Rizki, 2014)

HUBUNGAN DERAJAT SESAK NAPAS DENGAN DEPRESI DAN KUALITAS HIDUP SERTA DEPRESI DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK (PPOK) DI RSUDZA BANDA ACEH (Telavani Umri, 2018)

KUALITAS HIDUP PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK DI POLI PARU RSUDZA BANDA ACEH (Safiza Khausarika, 2016)

GAMBARAN SPIROMETRI PADA PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK DI POLIKLINIK PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Farah Dhita Anissa Putri, 2014)

HUBUNGAN DERAJAT OBSTRUKSI PPOK DENGAN SIX MINUTE WALK TEST PADA PASIEN PPOK STABIL DI POLI PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Tri Utomo, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy