//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PADI DI KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syafridha Yanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Padi merupakan konsumsi pent i ng bagi manusia. Padi merupakan makanan pokok di Indonesia. Sebanyak 75% masukan kalori harian masyarakat di negaranegara Asia tersebut berasal dari padi. Penelitian ini bertujuan menganalisa faktorfaktor yang mempengaruhi produksi padi di Aceh Tengah. Data bersumber dari primer dengan 4 lokasi penelitian di Aceh Tengah yakni Kecamatan Bintang, Kecamatan Lut Tawar, Kecamatan Kebayakan, Kecamatan Bebesen dengan 97 sampel observasi. Metode analisis penelitian ini menggunakan Ordinary Least Square (OLS) dengan model Coubg-Douglas. Hasil menunjukkan variabel luas lahan, tenaga kerja dan bahan utama berpengaruh positif signifikan terhadap produksi padi di Aceh Tengah dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil selanjutnya menjelaskan elastisitas variabel luas lahan dan tenaga kerja adalah inelastis namun variabel bahan utama adalah elastis. Maka pemerintah, dalam meningkatkan jumlah produksi padi di wilayah Aceh Tengah maka dibutuhkan sejumlah program-program seperti kemudahan menggunakan tanah sebagai lahan pertanian, penyuluhan petani padi, pengalihan tenaga kerja ke penggunaan teknologi (traktor), dan kualitas bibit unggul serta pupuk yang lebih baik sehingga jumlah produksi padi lebih terus meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kemudian perlunya irigasi yang baik untuk lahan guna meningkat produksi padi. Kata Kunci: Luas Lahan, Tenaga Kerja, Elastisitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI TOMAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH (ikhsan facri, 2014)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN HARGA KOPI ARABIKA TERHADAP DAYA SAING DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Satria Yusiska, 2019)

ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI TERHADAP PENERIMAAN PETANI PADI DENGAN SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (RISKA AMELIA SARI, 2018)

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI PADI TERHADAP RISIKO USAHATANI PADI DI KABUPATEN ACEH BESAR, PIDIE JAYA DAN ACEH TENGAH (WILDA WAHYUNI, 2018)

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPOR BERAS DI INDONESIA (Putra Kurniawan, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy