//

PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN PLASTISIN DI TK SATUATAP SDN LAMLHEU KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirna Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Plastisin merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk anak, dan terdapat beberapa orang anak yang belum mampu membentuk menggunakan plastisin. Maka penelitian ini mengangkat masalah bagaimana peningkatan kreativitas anak melalui bermain plastisin di TK Satu Atap SDN Lamlheu Kabupaten Aceh Besar?. Bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak saat bermain plastisin di TK Satu Atap SDN Lamlheu Kabupaten Aceh Besar. Hipotesis dari penelitian ini adalah melalui bermain plastisin dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Satu Atap SDN Lamlheu Kabupaten Aceh Besar”. Subjek penelitian ini adalah anak usia TK B di TK Satu Atap SDN Lamlheu berjumlah 14 orang anak yang terdiri dari 12 laki-laki dan 2 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus mencangkup 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan unjuk kerja. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain plastisin dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Satu Atap SDN Lamlheu Kabupaten Aceh Besar. Pada prasiklus terdapat 10 orang anak yang kreativitasnya belum berkembang (BB), dan 4 orang anak yang kreativitasnya mulai berkembang (MB). Pada siklus I terdapat 6 orang anak yang kreativitasnya mulai berkembang (MB), sudah mampu membentuk dua macam bentuk buah yang berbeda, dan 8 orang anak yang kreativitasnya berkembang Sesuai harapan (BSH), sudah mampu membentuk tiga macam bentuk buah yang berbeda. Pada siklus II terdapat 1 orang anak yang kreativitasnya mulai berkembang (MB), sudah dapat membentuk dua macam bentuk buah yang berbeda, 4 orang anak kreativitasnya berkembang sesuai harapan (BSH), sudah mampu membentuk tiga macam bentuk buah yang berbeda dan 9 orang anak kreativitasnya berkembang sangat baik (BSB), mampu membentuk empat atau lebih macam bentuk buah yang berbeda. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa “bermain plastisin dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Satu Atap SDN Lamlheu Kabupaten Aceh Besar”. Disarankan kepada pendidik agar bermain plastisin dapat diterapkan dalam pembelajaran di TK untuk mengembangkan kreativitas anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PLASTISIN DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Dila Fazilah, 2018)

PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ACEH MEUPET-PET NYET TERHADAP PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI TK SATU ATAP SD LAMLHEU (NURUL HAKIKI, 2019)

MEMPERKENALKAN HURUF ABJAD MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA ANAK TK SATU ATAP SDN 2 LAMTEUBA KABUPATEN ACEH BESAR (Ellizyar Sahnun, 2018)

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN BEKAS DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Khairatul Husna, 2019)

PENGARUH KEBERADAAN RUANG PUBLIK TERHADAP KREATIVITAS ANAK (STUDI KASUS; TAMAN SARI KOTA BANDA ACEH) (IDA FITRI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy