//

ANALISIS KINERJA JALAN TWK. M. DAUDSYAH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Mita Khalisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perkembangan suatu kota menyebabkan adanya berbagai kegiatan masyarakat, sehingga menyebabkan terjadinya suatu pergerakan. Pergerakan kegiatan ini menyebabkan volume lalu lintas meningkat sehingga terjadinya kemacetan, pengguna jalan kurang disiplin, munculnya hambatan samping, serta kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu-lintas. Salah satu jalan di Kota Banda Aceh yang mengalami peningkatan volume lalu lintas ialah jalan TWK. M. Daudsyah. Jalan ini merupakan jalan kolektor sekunder dengan tipe jalan dua lajur satu arah (2/1) yang terletak pada pusat perdagangan pasar Peunayong, memiliki panjang ± 262 m dan lebar 15.50 m. Jalan ini menyediakan fasilitas berupa kegiatan ekonomi seperti bengkel, tempat kuliner, dan pertokoan. Bengkel merupakan fasilitas utama pada jalan ini sehingga menyebabkan arus lalu lintas pada jalan ini terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja jalan pada kondisi eksisting berdasarkan volume lalu-lintas, kecepatan lalu lintas, dan kapasitas jalan. Kapasitas jalan diukur dengan DS < 0,75 (MKJI 1997). Pengambilan data primer dilakukan selama 3 (tiga) hari yaitu pada hari kerja (Senin dan Kamis) serta pada hari libur (Minggu) dari pukul 07.00 – 18.00 WIB dengan interval waktu 15 menit. Selain itu juga digunakan data sekunder berupa jumlah penduduk dan peta Kota Banda Aceh dari instansi terkait yang dibutuhkan dalam analisis kinerja jalan ini. Volume tertinggi pada hari Senin tanggal 22 Februari 2016 sebesar 530 smp/jam, hambatan samping 209,3 kej/jam dengan kelas hambatan samping rendah, kecepatan arus bebas 43 km/jam, kapasitas sebesar 1556 smp/jam, derajat kejenuhan 0,34, dan kecepatan lalu-lintas 31,24 km/jam. Hasil kinerja jalan pada Jalan TWK. M. Daudsyah Banda Aceh masih cukup baik dimana derajat kejenuhan masih jauh dari tolok ukur yang disyaratkan MKJI yaitu sebesar 0,75. Namun jalan ini harus diubah pola parkir pada badan jalan agar lajur efektif pada jalan ini menjadi lebih besar dan kecepatan tempuh pada jalan ini menjadi lebih tinggi. Kata kunci: kapasitas jalan, derajat kejenuhan, dan kinerja jalan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KINERJA JALAN SATU ARAH PADA RUAS JALAN W. R. SUPRATMAN PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH (Muhammad Andri Putra S, 2014)

TINJAUAN KINERJA JALAN TEUKU UMAR, SEUTUI BANDA ACEH BERDASARKAN VARIASI WAKTU DAN SEGMEN JALAN (MUSTAFA KAMAL, 2014)

KAJI ULANG KINERJA JALAN SATU ARAH PADA RUAS JALAN W.R. SUPRATMAN PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH (Elwin Syahrudi, 2018)

EVALUASI KINERJA JALAN ( STUDI KASUS JALAN TEUKU MUHAMMAD HASAN KOTA BANDA ACEH ) (ILHAM AKBAR, 2014)

ANALISIS KINERJA JALAN MANEKROO (STUDI KASUS KAWASAN SDN 14 DAN MTSN 4 MEULABOH) (Nelly Sri Mulyani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy