//

HUBUNGAN PENGGUNAAN PROPRANOLOL PADA PENDERITA HIPERTIROID TERHADAP TINGKAT DEPRESI DI POLI ENDOKRINOLOGI METABOLIK DAN DIABETES BLUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Mandasari Irsan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Propranolol adalah obat golongan β-bloker yang pada penderita hipertiroid berguna untuk mengatasi denyut jantung dan kontraktilitas miokard, sehingga dapat mengatasi takikardi. Propranolol merupakan golongan yang paling tinggi kelarutannya dalam lemak dan lebih mudah masuk ke dalam otak sehingga efek yang timbul dari penggunaan propranolol seperti rasa lelah, gangguan tidur dan depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan propranolol pada penderita hipertiroid terhadap tingkat depresi. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien hipertiroid di Poli Endokrinologi Metabolik dan Diabetes BLUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel 33 orang penderita hipertiroid yang menggunakan propranolol. Hasil penelitian ini didapatkan 18 orang tidak depresi, 8 orang depresi ringan dan 7 orang depresi sedang. Data yang diperoleh di analisis dengan uji alternatif correlation spearman. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan penggunaan propranolol pada penderita hipertiroid terhadap tingkat depresi yaitu dengan nilai ρ hitung < ρ tabel ( 0,09< 0,345). Maka disimpulkan tidak terdapat hubungan penggunaan propranolol pada penderita hipertiroid terhadap tingkat depresi di Poli Endokrinologi Metabolik dan Diabetes BLUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kata kunci : Propranolol, hipertiroid, depresi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGGUNAAN PROPRANOLOL PADA PENDERITA HIPERTIROID TERHADAP TINGKAT DEPRESI DI POLI ENDOKRINOLOGI METABOLIK DAN DIABETESRNBLUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Eka Mandasari Irsan, 2014)

HUBUNGAN DISFUNGSI SEKSUAL PADA WANITA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN TINGKAT PENGONTROLAN GLUKOSADARAH (Yenny Fitrika, 2014)

TINGKAT GEJALA DEPRESI PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nanda Nurul Maulana, S.Ked, 2014)

HUBUNGAN ANTARA SIMPTOM DEPRESI, ANSIETAS, DAN STRES TERHADAP KONTROL GLIKEMIK PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dr. Febri Andini, 2020)

HUBUNGAN PRESBIKUSIS DENGAN DEPRESI PADA LANSIA DI POLIKLINIK THT RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dara Muthmainnah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy