//

PENGARUH RIZOBAKTERI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN DAN PUPUK KANDANG TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR KEKUATAN TUMBUH BENIH KAKAO (THEOBROMA CACAO L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hengki Hermawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

HENGKI HERMAWAN. Pengaruh Rizobakteri Pemacu Pertumbuhan Tanaman (RPTT) dan Pupuk Kandang Terhadap Viabilitas dan Vigor Kekuatan Tumbuh Benih Kakao (Theobroma cacao L.). Dibawah bimbingan Syamsuddin sebagai pembimbing utama dan Syafruddin sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis agens hayati rizobakteri pemacu pertumbuhan tanaman dan dosis pupuk kandang serta interaksi kedua perlakuan terhadap viabilitas dan vigor kekuatan tumbuh benih kakao. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Benih Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala serta Laboratorium Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini berlangsung dari bulan Maret 2016 sampai dengan bulan Mei 2016. Penelitian pengaruh rizobakteri pemacu pertumbuhan tanaman dan dosis pupuk kandang terhadap viabilitas dan vigor benih kakao menggunakan rancangan acak lengkap faktorial. Faktor yang diteliti yaitu jenis isolat rizobakteri yang disimbolkan dengan (R) dan dosis pupuk kandang yang disimbolkan (D). Faktor pertama yang diteliti dalam penelitian ini yaitu jenis rizobakteri yang terdiri dari 4 isolat rizobakteri yaitu: Bacillus Lichiniformis, Actinotobacter sp., Necercia sp. dan Pseudomonas capacia. Faktor kedua yaitu dosis pupuk kandang yang terdiri atas 2 taraf yaitu 1:20 dan 1:10 (v/v). Peubah viabilitas dan vigor kekuatan tumbuh benih yang diamati meliputi potensi tumbuh maksimum, daya berkecambah, indeks vigor, keserempakan tumbuh, kecepatan tumbuh relatif, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai 50% perkecambahan total relatif. Sementara pada pertumbuhan kecambah tanaman kakao peubah yang diamati terdiri dari 3 peubah yaitu tinggi kecambah, jumlah daun dan berat kering kecambah normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jenis isolat rizobakteri berpengaruh sangat nyata terhadap berat kering kecambah normal. Perlakuan rizobakteri berpengaruh nyata terhadap keserempakan tumbuh, indeks vigor, kecepatan tumbuh relatif dan tinggi tanaman umur 21 HST. Rizobakteri tidak berpengaruh nyata terhadap potensi tumbuh maksimum, daya berkecambah, T50 dan jumlah daun umur 21 HST. Perlakuan terbaik dijumpai pada isolat Pseudomonas capacia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis pupuk kandang tidak berpengaruh nyata terhadap semua peubah viabilitas dan vigor kekuatan tumbuh benih kakao. Tidak terdapat interaksi yang nyata antara jenis isolat rizobakteri dan dosis pupuk kandang yang digunakan terhadap semua peubah viabilitas dan vigor kekuatan tumbuh benih kakao. Hal tersebut berarti bahwa perbedaan viabilitas dan vigor kekuatan tumbuh benih kakao akibat perlakuan jenis isolat rizobakteri tidak tergantung pada dosis pupuk kandang dan begitu juga sebaliknya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERLAKUAN RIZOBAKTERI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN (RPPT) TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR KEKUATAN TUMBUH BENIH SERTA PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) (Zidni Alvishahri, 2016)

VIABILITAS DAN VIGOR BENIH KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) PADA BEBERAPA TARAF KADAR AIR DAN LAMA PERIODE SIMPAN (Saiful Bahri, 2019)

PERLAKUAN BENIH MENGGUNAKAN RIZOBAKTERI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH, PERTUMBUHAN BIBIT, DAN PERTUMBUHAN VEGETATIF SERTA PRODUKSI TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) (MARDIAH, 2016)

KUALITAS BENIH CABAI MERAH ( CAPSICUM ANNUUM L.) HASIL PRODUKSI TANAMAN INDUK YANG MENDAPAT PERLAKUAN RIZOBAKTERI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN (RAHMAT BARONA, 2017)

PENGARUH PERLAKUAN BENIH MENGGUNAKAN BEBERAPA ISOLAT RIZOBAKTERI TERHADAP PROSES PERKECAMBAHAN, PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN CABAI MERAH ( CAPSICUM ANNUM L.) (Raihan Fajri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy