//

KAJIAN ASPEK SUHU DAN PENYIMPANAN TERHADAP PERUBAHAN MUTU SECARA FISIK, KIMIA DAN MIKROBIOLOGI SUSU YANG DIFERMENTASI LACTOBACILLUS CASEI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI RANI AYUTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

SITI RANI AYUTI. Kajian Aspek Suhu dan Penyimpanan Terhadap Perubahan Mutu Secara Fisik, Kimia dan Mikrobiologi Susu yang Difermentasi Lactobacillus casei. YURLIASNI dan NURLIANA. Susu fermentasi merupakan salah satu produk olahan susu, diperoleh melalui proses fermentasi susu oleh mikroorganisme tertentu sehingga dihasilkan susu asam. Salah satu sifat umum susu fermentasi yaitu mempunyai rasa asam dan daya simpan yang singkat. Mutu susu fermentasi sangat dipengaruhi oleh bahan baku, proses pengolahan, proses fermentasi, dan penyimpanan. Perubahan nilai gizi dapat terjadi karena variasi dan fluktuasi suhu dan penyimpanan akan mempercepat kerusakan susu fermentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan mutu secara fisik, kimia dan mikrobiologi selama penyimpanan. Penelitian dilakukan di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Pengolahan Susu Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor A suhu penyimpanan, dan faktor B lama penyimpanan. Faktor A terdiri dari 2 taraf yaitu 4-10°C (a1), 10-16°C (a2). Faktor B terdiri dari 4 taraf yaitu 0 hari (b1), 30 hari (b2), 60 hari (b3), 90 hari (b4). Setiap perlakuan diulang 3 kali sehingga diperoleh 24 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan suhu dan penyimpanan berpengaruh sangat nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK SUHU DAN MASA SIMPAN TERHADAP KUALITAS DAN AKTIVITAS ANTIMIKROBA SUSU YANG DIFERMENTASI DENGAN LACTOBACILLUS CASEI. (Cut Afria Mirdalisa, 2016)

PERSENTASE PENGGUNAAN STARTER (LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS DAN LACTOBACILLUS CASEI) TERHADAP KEASAMAN DAN SINERESIS SUSU FERMENTASI YANG DITAMBAHKAN PUREE WORTEL (DAUCUS CAROTA L) (Raudhatul Jannah, 2015)

PEMBERIAN SUSU FERMENTASI LACTOBACILLUS CASEI SEBAGAI TERAPI DIABETES PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) STRAIN WISTAR (Pratiwi Purnama Sari, 2016)

ANALISA KUALITAS SUSU FERMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN PERSENTASE LACTOBACILLUS CASEI YANG BERBEDA (M. RASYID AZHAR, 2018)

KEMAMPUAN ANTIBAKTERI LACTOBACILLUS PLANTARUM PADA SUSU KAMBING DAN SUSU BUBUK TERHADAP ENTEROBAKTERICEA (Ade Kardima, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy