//

KARAKTERISASI RESERVOIR MENGGUNAKAN INVERSI SEISMIK UNTUK MENENTUKAN PENYEBARAN POROSITAS DI LAPANGAN HIDROKARBON “ RIYAN “, BLOCK A, ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riyan Mudastsir - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan adalah untuk (1) mempelajari karateristik reservoir hidrokarbon di Lapangan Hidrokarbon “Riyan”, Aceh Timur secara lebih baik dan (2) menentukan metode karakterisasi reservoir yang cocok dan efektif yang mampu memberikan nilai estimasi properti batuan di setiap lapisan. Penentuan metode yang cocok untuk mempelajari impedansi akustik berdasarkan perbandingan antara data log dan hasil dari inversi seismik. Dalam penelitian ini digunakan data 3D Line Seismik dan tiga buah data sumur yang diperoleh dari PT Medco E&P Indonesia. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Band Limited, Model Based dan Linier Programming Sparse Spike. Setelah dilakukannya analisa kuantitatif dan kualitatif metode Model Based memberikan nilai impedansi akustik dengan korelasi yang tinggi dan error terkecil dengan nilai impedansi akustik di log. Dari hasil inversi seismik yang telah dilakukan diperoleh nilai impedansi akustik di area horizon Top Peutu – Top Tampur Ryan yang berkisar antara 35728 - 54036 (ft/s)*(g/cc). Dari hasil transformasi nilai impedansi akustik ke volume porositas maka didapatkan nilai porositas total pada Lapangan Hidrokarbon “Riyan” mencapai 0.13 v/v. Berdasarkan hasil analisis diusulkan sumur baru yang berada pada area closure antiklin dengan nilai porositas total yang berkisar antara 0.7 – 0.9 v/v dan nilai impedansi akustik 38344 – 51420 (ft/s)*(g/cc). Kata Kunci : Inversi Seismik, Impedansi Akustik, Band Limited, Model Based, Linier Programming Sparse Spike, Porositas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMETAAN BAWAH PERMUKAAN POLA PENYEBARAN LITOLOGI DARI ZONA FS1-MFS4 DI LAPANGAN “RV24” NETHERLANDS OFFSHORE F3 BLOCK MENGGUNAKAN DATA SEISMIK DAN DATA LOG (Reva Muliarma Muslim, 2017)

ANALISIS INVERSI IMPEDANSI AKUSTIK DAN SEISMIK MULTI-ATRIBUT NEURAL NETWORK UNTUK IDENTIFIKASI SIFAT FISIS BATUAN DI LAPANGAN AIFI, CEKUNGAN BONAPARTE (MUHAMMAD FADHIL AYYASY, 2019)

KARAKTERISASI RESERVOIR BATUPASIR MENGGUNAKAN METODE INVERSI IMPEDANSI AKUSTIK DAN MULTIATRIBUT PADA FORMASI MENGGALA, LAPANGAN “DAB”, CEKUNGAN SUMATERA TENGAH (DEWIN AHMAD BADAWI, 2019)

PEMETAAN MODEL BAWAH PERMUKAAN TERINTEGRASI DENGAN MENGGUNAKAN DATA LOG DAN DATA SEISMIK UNTUK MELIHAT PENYEBARAN BATUPASIR DI LAPANGAN “MH29” DAERAH NETHERLANDS OFFSHORE BLOCK (Riski Andrian, 2016)

IDENTIFIKASI PERSEBARAN RESERVOIR HIDROKARBON MENGGUNAKAN METODE INVERSI IMPEDANSI AKUSTIK DAN ATRIBUT SEISMIK PADA LAPANGAN 'E' CEKUNGAN BONAPARTE OFFSHORE LAOT TIMOR PROVINSI MALUKU (Yuni Arisda.H, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy