//

TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP MODEL REHABILITASI PECANDU NARKOBA (STUDI KASUS PADA YAYASAN HARAPAN PERMATA HATI KITA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fahmi Maulana Akbar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kehidupan masyarakat yang semakin modern dan dinamis, narkoba seakan menjadi primadona dan sudah menjadi lifestyle bagi sebagian individu maupun kelompok masyarakat, sehingga seringkali pemakaian narkoba disalahgunakan. Masalah narkoba merupakan masalah yang sangat darurat dan kompleks sehingga memerlukan penanganan yang serius serta kerjasama seluruh pihak termasuk anggota masyarakat. Selain dari sisi hukum, budaya, keagamaan serta kesehatan, penanggulangan masalah narkoba juga harus ditinjau dari sisi sosial. Salah satu panti atau yayasan rehabilitasi sosial yang menangani masalah pecandu narkoba adalah Yayasan Harapan Permata Hati Kita (Yakita) Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model rehabilitasi yang digunakan Yayasan Harapan Permata Hati Kita Aceh dalam merehabilitasi pecandu narkoba, dan mengetahui model Narcotics Anonymous dalam karakteristik masyarakat Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Untuk menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Interaksionisme Simbolik. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan studi kepustakaan, serta selanjutnya dianalisis dengan menggunakan penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini yang pertama adalah model rehabilitasi yang digunakan Yakita Aceh adalah Narcotics Anonymous, yaitu pecandu satu membantu pecandu lainnya (in group), model rehabilitasi ini dapat dianalisa dengan play stage, game stage maupun generalized other. Kedua, pelaksanaan model rehabilitasi yang diterapkan Yakita Aceh berbeda dengan Yakita yang ada di daerah lainnya, untuk daerah Aceh Yakita memasukkan sedikit local wisdom Aceh ke dalam model rehabilitasinya karena Aceh adalah daerah yang memiliki otonomi khusus dan karakteristik masyarakatnya yang berlandaskan nilai-nilai keislaman. Kata kunci : Narcotics Anonymous, Rehabilitasi, Yakita Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM KEGIATAN REHABILITASI PECANDU NARKOBA (STUDI KASUS DI YAYASAN HARAPAN PERMATA HATI KITA (YAKITA) ACEH) (Lissa Febrina, 2017)

KOMUNIKASI KELOMPOK ANTAR PECANDU NARKOBA DALAM PROSES PEMULIHAN PSIKOLOGIS DAN SOSIAL DI PUSAT PENGEMBANGAN REHABILITASI YAYASAN PINTU HIJRAH (SIRAH) (HAFNITA, 2018)

RELAPSE PADA PECANDU NARKOBA PASCA-REHABILITASI (STUDI PADA PECANDU REHABILITASI DI YAKITA ACEH) (DESI MAULIDA, 2019)

DUKUNGAN KELUARGA DALAM PROGRAM REHABILITASI BAGI REMAJA PECANDU NARKOBA PADA RUMAH GENERASI EMAS ACEH (GEMA) (WAZNA MUTIARA, 2020)

LABELLING DAN REHABILITASI PADA PECANDU NARKOBA (STUDI DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) PROVINSI ACEH) (Risqan Syahira, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy