//

ANALISIS ASSOCIATION RULES MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA ECLAT PADA DATA PEMINJAMAN BUKU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meildha Hijriyana Pane - Personal Name
SubjectLIBRARY SERVICE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

UPT Perpustakaan Unsyiah adalah salah satu fasilitas dari Universitas Syiah Kuala yang menyediakan layanan peminjaman buku kepada pemustaka. Setiap informasi peminjaman buku disimpan oleh perpustakaan sehingga menghasilkan data peminjaman buku dalam ukuran besar. Tercatat ada sebanyak 122.945 data peminjaman buku dari tahun 2007 hingga 2015 yang digunakan pada penelitian ini. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui pola perilaku peminjaman buku yang biasanya terjadi di UPT Perpustakaan Unsyiah oleh peminjam, khususnya mahasiswa Unsyiah. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pola relevansi antara subject buku dengan prodi peminjam, serta menentukan pola peminjaman buku berdasarkan buku-buku yang sering dipinjam secara bersamaan. Pola tersebut dapat ditemukan menggunakan salah satu metode data mining yaitu association rules mining dengan algoritma Eclat. Algoritma Eclat menggunakan vertical format dari dataset untuk melakukan perpotongan TID list antar item dalam menentukan support count sehingga proses pencarian frequent itemset lebih cepat. Adapun tahapan penelitian yaitu pengumpulan data, pre-processing, proses algoritma Eclat, hasil algoritma Eclat dan analisis hasil. Algoritma Eclat menghasilkan pola subject buku dan prodi yang paling sering berulang dari beberapa tahun data penelitian yaitu Accounting dengan Akuntasi (S1) serta Chemistry dengan Pendidikan Kimia (S1). Hasil analisis pola subject buku dan prodi yang telah ditemukan menunjukkan bahwa kebiasaan mahasiswa Unsyiah meminjam buku di perpustakaan sesuai dengan prodinya. Sedangkan untuk pola antar buku algoritma Eclat menemukan keterkaitan antar buku dan paling sering berulang dari beberapa periode tahun data penelitian yaitu kode buku yaitu 12311 (Dasar-dasar evaluasi pendidikan) dengan 42265 (Pengantar evaluasi pendidikan). Kata Kunci : Association rules mining, Eclat dan Perpustakaan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MOSAIC PLOT DAN METODE CHAID PADA PELAYANAN PUBLIK DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Munira Ulfah, 2017)

PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENEMUKAN HUBUNGAN DATA AWAL MASUK MAHASISWA DENGAN DATA LAMA STUDI KELULUSAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Tomi Satria, 2015)

MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DENGAN SISTEM E-LIBRARY DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN UNSYIAH (KHAIRIAH, 2020)

ANALISA KELULUSAN JALUR MANDIRI UNSYIAH MENGGUNAKAN METODE ASSOCIATION RULE MINING (Teuku Akmaliansyah, 2015)

IDENTIFIKASI SUBJEK BUKU DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BERDASARKAN FAKULTAS DENGAN METODE LOG LINIER (Noerisalena Ramadhani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy