//

PEMODELAN PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN BUS TRANS KOETARADJA DI KORIDOR I APK KEUDAH – DARUSSALAM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rafita Varia Nensis - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tingginya kepemilikan kendaraan pribadi di Kota Banda Aceh khususnya sepeda motor, menyebabkan kemacetan pada ruas-ruas jalan. Bus Trans Koetaradja sebagai angkutan massal menjadi solusi masalah transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan masyarakat terhadap kebijakan Bus Trans Koetaradja di Kota Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan dengan stated preference dengan stratified random sampling dari 3 kecamatan yaitu Syiah kuala, Kuta alam, dan Kuta Raja, jumlah responden 100 orang dan informasi yang dikumpulkan dari kuisioner adalah variabel sosial-ekonomi, perilaku perjalanan dan persepsi masyarakat yang berkaitan dengan kebijakan Bus Trans Koetaradja. Untuk persepsi masyarakat digunakan skala penilaian likert dari 1-4. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan software stata 13 berdasarkan pemodelan pemilihan diskrit (Discrete Choice Model) model yang digunakan ialah model binomial dengan 1(setuju) dan 0(tidak setuju). Hasil perhitungan analisis deskriptif menunjukkan semua indikator memiliki nilai diatas rata-rata 2,5 yang berarti nilai persepsi dan penerimaan responden terhadap kebijakan Bus Trans Koetaradja dapat diterima. Adapun indikator persepsi masyarakat yang paling berpengaruh adalah persepsi bahwa Trans Koetaradja mampu mengurangi masalah lingkungan (skala 3,31), kemudian kebijakan persepsi bahwa persamaan kebijakan masyarakat dapat diterima masyarakat (skala 3,22) dan persepsi masyarakat bahwa kendaraan pribadi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari (skala 3,01). Persamaan penerimaan masyarakat yang diperoleh dari persamaan model diskrit binomial adalah Y = 1,055X4+0,795X5+1,450X6+0,611X7. Hasil nilai menunjukkan bahwa ada 4 variabel yang sangat berpengaruh dalam peneriman Bus Trans Koetardja yaitu dummy pendapatan 1,055, dummy kepemilikan SIM 0,794, dummy komuter 1,449 dan dummy moda 0,611* dengan t-value ≥ 1,96 dengan tingkat kesalahan 5% dan 10%. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa kebijakan pemerintah dengan pengadaan Bus Trans Koetaradja dapat diterima oleh masyarakat. Kata Kunci : Persepsi dan Penerimaan, Bus Trans Koetaradja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMODELAN PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN BUS TRANS KOETARADJA DI KORIDOR I APK KEUDAH – DARUSSALAM) (Rafita Varia Nensis, 2016)

ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH PADA TRANSPORTASI PUBLIK TRANS KOETARADJA TERHADAP LABI-LABI (STUDI KASUS : TERMINAL KEUDAH - DARUSSALAM) (Muhajir, 2017)

PENERAPAN METODE GOAL PROGRAMMING DALAM MENENTUKAN JUMLAH BUS YANG OPTIMAL (STUDI KASUS: BUS TRANS KOETARADJA KORIDOR I) (Afif Firdaus, 2019)

KAJIAN PELAYANAN SARANA DAN PRASARANA BUS TRANS KOETARADJA DI KAWASAN KAMPUS DARUSSALAM (Teuku M Kautsar, 2017)

KAJIAN PENENTUAN TARIF TRANS KOETARADJA DENGAN ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN, ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY (STUDI KASUS KORIDOR III DAN IV) (Erlina Wati Jalil, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy