HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN STATUS KESEHATAN DAN STATUS GIZI BALITA DI GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTA RAJA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN STATUS KESEHATAN DAN STATUS GIZI BALITA DI GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTA RAJA BANDA ACEH


Pengarang

Khuzaimah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103050035

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Khuzaimah. 2016. Hubungan Sanitasi Lingkungan dengan Status Kesehatan dan Status Gizi Balita Di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh. Skripsi , Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si., (2) Dra. Fitriana, M.Si.
Kata Kunci : sanitasi lingkungan, status kesehatan, status gizi.
Penelitian yang berjudul “Hubungan Sanitasi Lingkungan dengan Status Kesehatan dan Status Gizi Balita Di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh” telah dilaksanakan pada tanggal 03 Maret sampai dengan 07 Maret 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sanitasi lingkungan dengan status kesehatan dan status gizi balita di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu balita yang mempunyai balita yang tinggal di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh 180 orang. Penentuan objek dilakukan secara purposive sampling dengan kriteria bersedia menjadi responden, balita terdaftar di di posyandu Gampong Jawa Kecamatan Kutaraja Banda Aceh, ibu yang membawa balita yang data ke Posyandu dan ibu yang mempunyai balita, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 45 balita. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasional dengan pendekatan Cross-sectional.
Teknik pengumpulan dengan menggunakan angket dan melakukan pengukuran antropometri. Data status gizi dianalisis menggunakan Z-scor, untuk menentukan tingkatan korelasi digunakan rumus korelasi product memont dan menggunakan uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sanitasi lingkungan dengan status kesehatan balita, sedangkan sanitasi lingkungan dengan status gizi balita di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh tidak memiliki hubungan yang signifikan.
Kesimpulan: yang diperoleh dari penelitian ini adalah status kesehatan balita dipengaruhi oleh sanitasi lingkungan. Sedangkan status gizi balita di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh tidak dipengaruhi oleh sanitasi lingkungan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK