//

PENGARUH PEMBERIAN REGIMEN BERBASIS DOKSORUBISIN PADA PASIEN KANKER DI RSUDZA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mikyal Bulqiah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kanker adalah suatu penyakit dimana sel-sel terus membelah secara abnormal, sehingga sel-sel tersebut terus berkembang dan menjadi ganas. Salah satu terapi dari kanker adalah kemoterapi. Penggunaan regimen kemoterapi tidak hanya membunuh sel-sel kanker, akan tetapi dapat menimbulkan toksisitas pada tubuh penderita. Doksorubisin yang merupakan golongan obat antrasiklin memiliki efek toksik pada jantung yang sebagian besar irreversible dan jelas berhubungan dengan total dosis kumulatif yang digunakan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian regimen berbasis doksorubisin terhadap fungsi jantung pasien kanker di RSUDZA Banda Aceh serta untuk mengetahui gambaran fungsi jantung berdasarkan jenis kelamin, usia, serta jenis dan dosis regimen kemoterapi pasien kanker di RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian case control. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2013 – Maret 2014 di Poliklinik Penyakit Dalam dan Poliklinik Bedah RSUDZA. Subjek penelitian ini adalah 35 penderita kanker yang menggunakan regimen berbasis doksorubisin yang telah selesai menjalani 6 siklus kemoterapi di RSUDZA Banda Aceh. Analisa data yang digunakan adalah t-test berpasangan, dengan interval kepercayaan 95%. Hasil analisa data menunjukan terdapat pengaruh yang bermakna antara pemberian regimen berbasis doksorubisin terhadap fungsi jantung pasien kanker di RSUDZA Banda Aceh (p=0,0001) dan kardiotoksisitas akibat pemberian regimen berbasis doksorubisin terhadap fungsi jantung pasien kanker di RSUDZA Banda Aceh paling banyak terjadi wanita, usia 46-55 tahun, dan dengan regimen TAC (Taxotere 1440 mg/m2, Doksorubisin 420 mg/m2, Cyclophosphamide 6000 mg/m2).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN REGIMEN BERBASIS DOKSORUBISIN PADA PASIEN KANKER DI RSUDZA (Mikyal Bulqiah, 2016)

PERBEDAAN KADAR UREUM DAN KREATININ SEBELUM DAN SESUDAH KEMOTERAPI BERBASIS CISPLATIN PADA PASIEN KANKER DI RSUDZA BANDA ACEH (Lia Shuban Asmuniati, 2014)

GAMBARAN JUMLAH NEUTROFIL SEBELUM DAN SESUDAH KEMOTERAPI BERDASARKAN JENIS REGIMEN KEMOTERAPI PADA PASIEN KANKER DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (M HABIBIE RUNANDA, 2019)

TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN KANKER TELINGA, HIDUNG, DAN TENGGOROK, KEPALA, LEHER (THT-KL) YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI BLUD RSUDZA (Sutrisno Habibi Lbs, 2017)

GAMBARAN STATUS PENDENGARAN PADA PASIEN KANKER KEPALA DAN LEHER PASCA PEMBERIAN KEMOTERAPI CISPLATIN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Chaira Al Kanzi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy