GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH


Pengarang

Riska Megarani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103020088

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.152 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Megarani, Riska. 2016. Gaya Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Yuhasriati, M. Pd., (2) Dr. Cut Morina Zubainur, M. Pd.

Kata kunci : Gaya Berpikir, Gaya Berpikir Acak, Gaya Berpikir Sekuensial
Gaya berpikir mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika. guru harus menyadari beragam gaya berpikir siswa yaitu cara siswa mengatur dan mengolah informasi yang diterima. Siswa menyelesaikan masalah matematika dengan caranya sendiri sesuai kemampuan yang dimilikinya dengan disesuaikan pada permasalahan matematika yang diberikan. Siswa sebagai individu yang berbeda mempunyai gaya berpikir yang berbeda pula. Untuk mengetahui bagaimana gaya berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika, penulis melakukan penelitian dengan judul “ Gaya Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika di SMP Negeri 1 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Gaya berpikir yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Data yang diperoleh dari penelitian adalah data kualitatif yang diperoleh melalui tes tertulis dan dilanjutkan dengan wawancara pada subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Banda Aceh yang berjumlah 26 orang sedangkan objeknya ialah indikator dari gaya berpikir menurut Bancong (2014) yaitu saat siswa memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan merefleksi. Dari hasil tes tertulis para siswa dibagi menjadi 2 kelompok, yakni Acak dan Sekuensial. Berdasarkan hasil analisis data bahwa dari 26 siswa yang diteliti terdapat 14 siswa yang memiliki atau memenuhi indikator dari gaya berpikir SK, 5 siswa yang memiliki atau memenuhi indikator dari gaya berpikir SA, 4 siswa yang memiliki atau memenuhi indikator dari gaya berpikir AK dan 3 siswa yang memiliki atau memenuhi indikator dari gaya berpikir AA. Disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan studi kualitatif gaya berpikir peserta didik untuk subjek dan materi yang berbeda dan dengan pembahasan yang lebih luas. Sehingga dapat memberikan banyak pengetahuan baru untuk guru tentang gaya berpikir siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK