//

KONTRIBUSI PEREMPUAN PEDAGANG SAYUR TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA (SUATU PENELITIAN DI PASAR TRADISIONAL KEUTAPANG ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Deafatunnizwa Ulfida - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ulfida, Deafatunnizwa. 2016. Kontribusi Perempuan Pedagang Sayur Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga (Suatu Penelitian di Pasar Tradisional Keutapang Aceh Besar). Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Zakaria, M.Ed., (2) Dra. Musfiana, M.M. Kata Kunci: Kontribusi perempuan terhadap sosial ekonomi keluarga Penelitian ini mengangkat masalah mengenai kontribusi seorang perempuan yang bekerja sebagi pedagang sayur di Pasar Tradisional Keutapang Aceh Besar terhadap keluarganya, baik dalam segi ekonomi maupun sosial serta membagi waktu antara bekerja dan mengurus rumah tangganya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi perempuan pedagang sayur terhadap sosial ekonomi keluarga. Dari segi ekonomi akan dilihat dari sumber modal, pendapatan suami perempuan pedagang sayur, besarnya kontribusi pendapatan yang disumbangkan oleh perempuan pedagang sayur untuk keluarganya, berbagai macam pengeluaran rumah tangga dan biaya sewa tempat berdagang. Kemudian dari segi sosial dilihat dari pembagian waktu antara bekerja dan mengurus rumah tangga dan keaktifan perempuan pedagang sayur dalam kegiatan yang terdapat di gampoeng/desa tempat tinggalnya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perempuan pedagang sayur di Pasar Tradisional Keutapang yang berjumlah 30 orang. Berhubung jumlah populasi yang terbatas, maka keseluruhan populasi tersebut akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data akan menggunakan teknik observasi dan wawancara terstruktur dengan teknik analisis data menggunakan persentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan 32% perempuan pedagang sayur di Pasar Tradisional Keutapang Aceh Besar berusia diatas 65 tahun,48% perempuan pedagang sayur sudah menikah dan masih memiliki suami, tingkat pendidikan responden yang paling tinggi adalah SMA yaitu sebanyak 24%, kemudian terdapat 2 orang atau 8% pedagang sayur yang meminjam uang untuk modal dari rentenir. Hasil penelitian juga menunjukan jumlah rata-rata persentase kontribusi perempuan pedagang sayur untuk pendapatan keluarga adalah 78,87% atau rata-rata kontribusi yang diberikan oleh setiap perempuan pedagang sayur untuk keluarga mereka adalah sebesar Rp1.657.520/bulan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI PEREMPUAN PEDAGANG SAYUR TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA LADANG BISIK KECAMATAN KOTA BAHARU KABUPATEN ACEH SINGKIL (Susi Susanti, 2020)

ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR KEUTAPANG KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Diana Mustika, 2021)

STRATEGI PEREMPUAN PEDAGANG SAYUR-SAYURAN DALAM BERTAHAN HIDUP DI KOTA BANDA ACEH (SYARIFAH SAJIDAH, 2014)

KONTRIBUSI PENDAPATAN WANITA PEDAGANG SAYUR DI PASAR PUSONG KOTA LHOKSEUMAWE (Ria Anjani, 2021)

ANALISIS TINDAK TUTUR PEDAGANG DAN PEMBELI DI PASAR KEUTAPANG DUA ACEH BESAR (Siti Aisha Nurhuda, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy