//

HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJAHIT DENGAN NILAI MATA KULIAH KONSTRUKSI BUSANA WANITA PADA MAHASISWA TATA BUSANA PKK FKIP UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Shoumi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Shoumi, Nurul. 2016. Hubungan Keterampilan Menjahit Dengan Nilai Mata Kuliah Konstruksi Busana Wanita Pada Mahasiswa Tata Busana PKK FKIP Unsyiah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Rosmala Dewi, M.pd., (2) Dra. Nurhayati. Sy. Kata Kunci: Keterampilan, Menjahit, Nilai, Konstruksi Busana Dalam penyelesaian sebuah busana sebaiknya diperlukan pola yang sudah sesuai dengan ukuran sipemakai. Pola tersebut diperlukan agar busana yang dijahit memiliki lekuk-lekuk tubuh yang tepat dan nyaman dipakai. Supaya busana terlihat serasi dan nyaman dibutuhkan keterampilan menjahit yang baik. Dalam kurikulum program studi Tata Busana, terdapat satu mata kuliah yang berkaitan dengan pembuatan pola dan pengembangan pola, yaitu mata kuliah Konstruksi Busana Wanita yang merupakan inti dari pengetahuan pola busana. Penelitian ini berupaya mengungkapkan keterkaitan antara keterampilan menjahit dengan nilai konstruksi busana wanita. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan menjahit dengan nilai akhir pada mata kuliah Konstruksi Busana Wanita. Hipotesisnya yaitu “Ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan menjahit dengan nilai mata kuliah Konstruksi Busana Wanita pada mahasiswa Tata Busana PKK FKIP Universitas Syiah Kuala” Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sampel penelitian berjumlah 23 orang mahasiswa tata Busana PKK FKIP Unsyiah angkatan 2014/2015 dengan pengambilan sampel secara total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa koefisien korelasi product moment atau derajat hubungan antara keterampilan menjahit dengan nilai mata kuliah Konstruksi Busana Wanita diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,600. Harga koefisien korelasi tersebut memiliki tingkat korelasi yang kuat. Hubungan yang terjadi berjalan searah, semakin tinggi keterampilan menjahit mahasiswa maka nilai akhir yang diperoleh akan semakin tinggi. Simpulan penelitian ini adalah terdapat korelasi yang positif antara keterampilan menjahit dengan nilai mata kuliah Konstruksi Busana Wanita pada mahasiswa Tata Busana PKK FKIP Unsyiah. Dengan kata lain hipotesis penelitian yang diajukan pada penelitian ini diterima.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN POLA DASAR BUSANA MELALUI SISTEM MODUL (Nurbaiti, 2021)

KUALITAS PELAYANAN MAHASISWA TATA BUSANA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MATA KULIAH PENGELOLAAN USAHA BUSANA (SRI PUTRI KURNIATI, 2020)

DESAIN BUSANA KULIAH BAGI MAHASISWA FKIP UNSYIAH (Lailan Sakinah , 2016)

KEMANDIRIAN MAHASISWA DALAM PENGELOLAAN USAHA BUSANA WANITA DI PROGRAM STUDI PKK FKIP UNSYIAH (WIKA PRATIWI, 2016)

PENERAPAN PENGETAHUAN BERBUSANA DALAM PENAMPILAN DIRI MAHASISWA TATA BUSANA PKK FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (KHAIRINA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy