//

PENGARUH SUBSTITUSI AGREGAT KASAR DENGAN PECAHAN KERAMIK TERHADAP KUAT TARIK BELAH BETON DENGAN NILAI FAS 0,4

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sarah Keumala Galih - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi keramik kasar dalam campuran beton terhadap kuat tarik belah. Faktor semen yang digunakan adalah 0,40, ukuran agregat keramik yaitu lolos saringan Ø 19,1 mm dan tertahan di saringan Ø 4,76 mm, dengan substitusi keramik 0%, 30% dan 60 %. Benda uji yang digunakan adalah beton silinder berdiameter 15 cm dan tinggi 30 cm, dengan keseluruhan benda uji berjumlah 30 buah benda uji, dimana 10 benda uji masing-masing dengan subsitusi 0%, 30%, dan 60%. Benda uji yang telah siap dilakukan pengecoran dimasukkan kedalam bak perendaman air biasa sampai umur pengujian 7 hari dan 28 hari. Hasil pengujian ini menunjukan bahwa beton dengan substitusi keramik 30% dan 60% diperoleh hasil yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan hasil yang diperoleh beton normal 0%. Hasil kuat tarik belah beton normal berumur 7 hari di peroleh nilai 0% = 3,48 MPa, untuk substitusi keramik 30% = 3,27 MPa, dan untuk substitusi keramik 60% = 3,36MPa, sedangkan pengujian kuat tarik belah beton berumur 28 hari diperoleh nilai 0% = 3,68 MPa, untuk substitusi keramik 30% = 3,52MPa, dan untuk substitusi keramik 60% = 3,61 MPa. Berdasarkan hasil pengujian kuat tarik belah, perbedaan umur tidak memberikan hasil yang signifikan. Penggunaan agregat keramik kasar dapat digunakan sebagai material alternatif, didaerah yang minim adanya agregat kasar alam.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUBSTITUSI AGREGAT HALUS DENGAN PECAHAN KERAMIK TERHADAP KUAT TARIK BELAH BETON DENGAN FAS 0,4 (novhandra, 2016)

PENGARUH SUBSTITUSI AGREGAT KASAR DENGAN PECAHAN KERAMIK TERHADAP KUAT TARIK LENTUR BETON DENGAN NILAI FAS 0,40 (Sri cici desmita, 2016)

PENGARUH SUBSTITUSI AGREGAT HALUS DENGAN PECAHAN KERAMIK TERHADAP KUAT TARIK LENTUR BETON DENGAN NILAI FAS 0,40 (Aprizal Lesmana, 2016)

PENGARUH VARIASI SUBTITUSI SERAT KARET PENGGANTI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TARIK BELAH BETON (SUATU PENELITIAN DENGAN MENGGUNAKAN FAS 0,6). (safwadi, 2013)

PENGARUH PENGGUNAAN CANGKANG KEMIRI SEBAGAI AGREGAT KASAR TERHADAP KUAT TARIK BELAH BETON NORMAL (ADI IRAWAN, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy