//

PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP DAN DAYA CERNA PAKAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS)YANG MENGANDUNG TEPUNG DAUN JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB)DENGAN PENAMBAHAN PROBIOTIK EM-4

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Fadri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis optimum probiotik EM-4 pada pakan yang mengandung daun jaloh 5% terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2015. Pembuatan pakan dilakukan di Balai Benih Air Payau Lokasi II ujung Batee Provinsi Aceh. Pemeliharaan ikan uji dilakukan di Laboraturium Aquatik Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah dan penelitian uji kandungan protein feses di laboraturium analisis pangan Fakultas Pertanian Unsyiah. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan 6 taraf perlakuan konsentrasi dan 4 ulangan. Perlakuan konsentrasi yang diuji adalah 5, 10, 15, 20 dan 25 ml/kg pakan. Pakan diberikan 3 kali sehari pada pukul 08.00, 12.00 dan 17.00 WIB sebanyak 5% dari biomassa selama 56 hari. Hasil uji Anova menunjukkan bahwa pemberian probiotik EM-4 dalam pakan yang mengandung daun jaloh 5% berpengaruh nyata terhadap pertambahan bobot mutlak, laju pertumbuhan harian, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan (p0,05). Uji lanjut Duncan menunjukkan bahwa pertambahan bobot mutlak, laju pertumbuhan harian, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan tertinggi dijumpai pada perlakuan B (5 ml EM-4/kg pakan) yaitu masing-masing 5,83 gram, 0,10 g/hari, 2,01 dan 49,95%, sedangkan pertambahan panjang mutlak tertinggi dijumpai pada perlakuan B yaitu 2,92 cm akan tetapi perlakuan ini tidak berbeda nyata antar perlakuan, laju pertumbuhan spesifik tertinggi pada perlakuan B yaitu 1,38%/hari nilai ini tidak berbeda nyata terhadap perlakuan C, D dan F, dan kelangsungan hidup tidak berbeda nyata antar semua perlakuan yaitu 100%. Daya Cerna protein pada penelitian ini yang terbaik adalah pada perlakuan B yaitu kecernaanya 92%. Dengan demikian disimpulkan bahwa dosis optimum probiotik EM-4 pada pakan yang mengandung 5% tepung daun jaloh untuk ikan nila adalah 5ml/kg pakan. Kata kunci : Ikan nila (Oreochromis niloticus), daun jaloh, probiotik EM-4.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP DAN DAYA CERNA PAKAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS)YANG MENGANDUNG TEPUNG DAUN JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB)DENGAN PENAMBAHAN PROBIOTIK EM-4 (Siti Fadri, 2016)

EFEK PEMBERIAN TEPUNG DAUN JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB.) DALAM PAKAN TERHADAP KADAR AMONIA MEDIA HIDUP DAN BERAT BADAN IKAN NILA(OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIBERI CEKAMAN PANAS (Wahyu Syah Putra, 2014)

EFEK PEMBERIAN TEPUNG DAUN JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB.) DALAM PAKAN TERHADAP PH DAN TOTAL MIKROB AIR TEMPAT HIDUP IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIBERI PENINGKATAN SUHU 35C (maruli apra, 2015)

ISOLASI AEROMONAS HYDROPHILA PADA SISIK IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DISUPLEMENTASI TEPUNG DAUN JALOHRN(SALIX TETRASPERMA ROXB ) (rahmad firnanda, 2014)

PENGARUH FORMULASI TEPUNG DARAH DALAM PAKAN TERHADAP KECERNAAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (Rya Yuliana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy