//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-MIPA 2 PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mairi Sukma - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sukma, Mairi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Self-Directed Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-MIPA 2 pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Soewarno S, M.Si., (2) Drs. Ahmad Farhan, M.Si. Kata kunci: Self-Directed Learning, pembelajaran, hasil belajar Dalam penerapan model pembelajaran, meningkatkan hasil belajar siswa adalah yang menjadi tujuan utama pembelajaran. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Self-Directed Learning pada materi alat-alat optik di kelas X-MIPA 2 SMA Negeri 3 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 siswi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa, (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran, (3) hasil belajar siswa, dan (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Self-Directed Learning dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaan, tes hasil belajar siswa, serta lembar respon siswa terhadap model pembelajaran Self-Directed Learning. Keempat instrumen dianalisi menggunakan uji persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, temuan dalam penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) aktivitas guru dan siswa sudah mencerminkan model pembelajaran Self-Directed Learning yang mana pembelajaran menjadi terpusat pada siswa, (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning pada 2 siklus menunjukkan peningkatan dari 3,30 (baik) pada siklus I dan 3,74 (sangat baik) pada siklus II, (3) ketuntasan individual meningkat dari nilai 72,12% (baik) pada siklus I menjadi 81,20% (sangat baik) pada siklus II. Ketuntasan klasikal meningkat dari 73% (baik) pada siklus I menjadi 82% (sangat baik) pada siklus II, (4) diperoleh respon yang positif terhadap penerapan model pembelajaran Self-Directed Learning di dalam pembelajaran, 91% siswa merasa tertarik dan merasakan manfaatnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN KIT FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Ferryana, 2016)

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Intan Putri, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK KELAS VIII 5 DI SMP NEGRI 18 BANDA ACEH (Mayangku Serungke S.yoga, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI OPTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG (Nazia Suci, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT-ALAT OPTIK PADA KELAS X MIA 4 DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Novri Arna, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy