//

PERANCANGAN PURWARUPA KWH-METER PINTAR SATU FASA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328P DENGAN KEMAMPUAN PEREKAMAN DATA BEBAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khalid Al Wazir - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk merancang purwarupa alat pengukur energi dan daya listrik dengan kemampuan perekaman dan komunikasi data yang dikenal dengan Smart kWh-meter. Purwarupa ini menggunakan sampel gelombang tegangan dan arus untuk melakukan kalkulasi nilai daya (W), energy (kWh), dan faktor daya listrik (Cos).Sebagai pusat pengendalian alat ukur ini digunakan Mikrokontroller ATMEGA 328P pada platform Arduino Uno. Dengan Menggunakan Ethernet Shield sebagai perangkat komunikasi memungkinkan purwarupa ini berkomunikasi dengan dunia luar (contoh: operator system tenaga dan peralatan rumah tangga dalam konteks smart grid). Dari pengujian laboratorium, hasil pengukuran purwarupa ini dibandingkan dengan pembacaan alat ukur analog. Terdapat perbedaan dalam mengukur tegangan sebesar 0.39%, arus dengan perbedaan rata-rata 0.72%, daya listrik dengan perbedaan rata-rata 1.55% dan faktor daya dengan perbedaan 1.53%. Hasil ini menunjukan purwarupa kWh-meter ini dapat memberikan pembacaan daya dan energy dengan keakuratan yang cukup baik. Pengembangan dan pengujian lebih lanjut masih diperlukan untuk menyempurnakan purwarupa ini

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN PROTOTYPE POWER METER 1 FASA BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA328P (Nur Arifin, 2019)

DESAIN SISTEM VERIFIKASI PEMAKAIAN LISTRIK PADA KWH-METER ANALOG SECARA VISUAL BERBASIS ATMEGA 328P (Intan Permatasari, 2019)

STUDI KESEIMBANGAN BEBAN PADA INSTALASI LISTRIK DI GEDUNG RISET TSUNAMI (ikrul sadri, 2014)

PERANCANGAN PHASOR MEASUREMENT UNIT SEBAGAI ALAT MONITORING DAYA PADA SALURAN DISTRIBUSI LISTRIK TIGA FASA (AGUS IQRAMMULLAH, 2020)

DESAIN DAN PEMBUATAN KONTROL OTOMATIS BEBAN LISTRIK RUMAH TANGGA BERBASIS MIKROKONTROLER (Rahmiati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy