//

PENERAPAN MODEL- ELICITING ACTIVITIES (MEAS) PADA MATERI PELUANG DI KELAS X SMA NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yeni Andriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Andriani, Yeni. 2016. Penerapan Model-Eliciting Activities (MEAs) pada Materi Peluang di Kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Ellianti, M.Pd (2) Dr. Rahmah Johar, M. Pd Kata kunci : peluang, pendekatan Model-Eliciting Activities(MEAs), hasil belajar Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi peluang, karena pada umumnya soal pada materi peluang berbentuk cerita yang harus dihubungkan dengan pembelajaran matematika. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model-Eliciting Activities (MEAs) pada Materi Peluang di Kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh”. Dalam pembelajaran MEAs siswa dituntun untuk menyelesaikan masalah matematika dalam kelompok kecil, di mana masalah matematika yang diberikan tersebut dihubungkan dengan situasi kehidupan nyata siswa serta dengan memahami konsep, siswa juga bisa membuat pemodelan matematis dari masalah nyata yang diberikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan MEAs dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional pada materi peluang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016, dari populasi tersebut ditetapkan sampel kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak yang masing-masing kelas terdiri dari 31 siswa dan 29 siswa dengan tingkat kemampuan kelas yang sama (homogen). Pengumpulan data dilakukan melalui tes akhir (post test) dan lembar respon siswa.Data hasil post-test dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi peluang yang diajarkan dengan MEAs lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh. Sedangkan data hasil lembar respon siswa dianalisis secara deskriptif, sehingga diperoleh hasil bahwa sebahagian besar siswa senang dan memahami pembelajaran matematika dengan MEAs.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMA (Yuli Amalia, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM MATERI PELUANGRNDI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Maulidar, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA MATERI PELUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Bustami, 2017)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH BESAR (Jannati, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPERNNUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RNKPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 71RN BANDA ACEH (Masyita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy