//

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 MONTASIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Defiani Rizki - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Defiani Rizki. 2016. Penerapan Model Quantum Teaching pada Materi Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 2 Montasik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.Pembimbing: (1) Dra. Yuhasriati, M.Pd, (2) Dr. Cut Morina Zubainur, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: penerapan, model Quantum Teaching, perbandingan. Pembelajaran matematika akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila siswa aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Keaktifan siswa memberikan kesempatan kepada siswa berinteraksi dengan guru dan siswa lainnya. Namun, kenyataanya siswa cenderung pasif semasa pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru lebih berperan sebagai sumber informasi. Siswa hanya ditempatkan sebagai obyek sehingga tidak aktif selama pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang relevan untuk mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Melalui model Quantum Teaching siswa akan diajak belajar dalam suasana menyenangkan dan dengan kerangkanya “TANDUR” siswa dituntut untuk lebih aktif dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk beraktivitas dalam menemukan kemampuan belajarnya. Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model Quantum Teaching pada materi perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 2 Montasik dan kendala apa saja yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Tujuan penelitian ini untuk menemukan jawaban atas masalah-masalah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Montasik, populasi diambil seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 27 siswa untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru, sedangkan enam orang siswa dari jumlah seluruhnya untuk memperoleh data aktivitas siswa selama pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi (pengamatan) untuk aktivitas siswa dan catatan refleksi diri peneliti untuk memperoleh kendala yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model Quantum Teaching aktivitas siswa selama pembelajaran sesuai dengan aspek yang diteliti berada pada waktu ideal yang telah ditetapkan. Adapun kendala yang dihadapi guru (1) guru mengalami kesulitan dalam membimbing siswa pada saat pembagian kelompok, (2) guru mengalami kesulitan dalam menerapkan model Quantum Teaching pada sebagian siswa di dalam kelas, dan (3) guru masih mengalami kesulitan dalam memberikan bimbingan dan arahan secara merata kepada siswa terutama pada siswa yang berkemampuan tinggi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015)

PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy