//
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 MONTASIK |
|
BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak |
|
Pengarang | Defiani Rizki - Personal Name |
---|---|
Abstrak/Catatan ABSTRAK Defiani Rizki. 2016. Penerapan Model Quantum Teaching pada Materi Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 2 Montasik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.Pembimbing: (1) Dra. Yuhasriati, M.Pd, (2) Dr. Cut Morina Zubainur, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: penerapan, model Quantum Teaching, perbandingan. Pembelajaran matematika akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila siswa aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Keaktifan siswa memberikan kesempatan kepada siswa berinteraksi dengan guru dan siswa lainnya. Namun, kenyataanya siswa cenderung pasif semasa pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru lebih berperan sebagai sumber informasi. Siswa hanya ditempatkan sebagai obyek sehingga tidak aktif selama pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang relevan untuk mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Melalui model Quantum Teaching siswa akan diajak belajar dalam suasana menyenangkan dan dengan kerangkanya “TANDUR” siswa dituntut untuk lebih aktif dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk beraktivitas dalam menemukan kemampuan belajarnya. Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model Quantum Teaching pada materi perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 2 Montasik dan kendala apa saja yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Tujuan penelitian ini untuk menemukan jawaban atas masalah-masalah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Montasik, populasi diambil seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 27 siswa untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru, sedangkan enam orang siswa dari jumlah seluruhnya untuk memperoleh data aktivitas siswa selama pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi (pengamatan) untuk aktivitas siswa dan catatan refleksi diri peneliti untuk memperoleh kendala yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model Quantum Teaching aktivitas siswa selama pembelajaran sesuai dengan aspek yang diteliti berada pada waktu ideal yang telah ditetapkan. Adapun kendala yang dihadapi guru (1) guru mengalami kesulitan dalam membimbing siswa pada saat pembagian kelompok, (2) guru mengalami kesulitan dalam menerapkan model Quantum Teaching pada sebagian siswa di dalam kelas, dan (3) guru masih mengalami kesulitan dalam memberikan bimbingan dan arahan secara merata kepada siswa terutama pada siswa yang berkemampuan tinggi. | |
Tempat Terbit | |
Literature Searching Service |
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015) |
|
Kembali ke sebelumnya | |