//

HUBUNGAN SIKAP DAN PENGETAHUAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PAA PENGOLAH EMAS KRUENG SABEE ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Al Bukhari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ksehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat dan bebas dari pencemaran lingkungan. Korban meninggal akibat kecelakaan kerja di Indonesia pada tahun 2008 merupakan peringkat pertama dibandingkan dengan negaranegara Eropa maupun negara ASEAN lainnya. Kecelakaan dan penyakit akibat kerja juga dapat terjadi pada proses penambangan dan ekstraksi emas, hal ini diakibatkan karena penggunaan merkuri terutama pada proses pengolahan emas. Cara terbaik mencegah dampak dan menghilangkan faktor risiko bahaya dari kegiatan pengolahan emas yaitu dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai dengan risiko kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan penggunaan APD pada pengolah Emas Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Desain penelitian ini adalah cross sectional survey yang dilakukan pada 41 responden yang diambil dengan teknik accidental sampling. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dari bulan Oktober sampai November 2013. Penggunaan APD diukur melalui observasi sedangkan pengetahuan dan sikap diukur melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner. hasil uji statistik dengan Fisher’s Exact Test pada CI 95% dan ɑ=0,05 untuk variabel pengetahuan didapatkan p value 0,033. Sedangkan Hasil uji statistik dengan Chi-Square pada CI 95% dan ɑ=0,05 untuk variabel sikap didapatkan p value 0,300. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat hubungan antara pengetahuan dengan penggunaan APD dan tidak terdapat hubungan antara sikap dengan penggunaan APD pada pengolah emas Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya.. Kata kunci: Kesehatan dan Keselamatan Kerja, APD, Pengetahuan, Sikap,

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PENGOLAH EMAS KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Al Bukhari, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD)PADA PEKERJA LEPAS YANG BEKERJA UNTUK PLN DI BANDA ACEH (Yulia Mahara, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PEKERJA LAS DENGAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG MATA PADA BENGKEL LAS DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2012 (Rizki Kurniawan, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN COVID-19 DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS BAITUSSALAM, ACEH BESAR (NADHIRA SALSABILA, 2021)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA DI DINAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA BANDA ACEH (Vawwaz Qastal, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy