//

KEJADIAN CENTRAL LINE ASSOCIATED BLOODSTREAM INFECTION DI RUANG RAWAT INTENSIF RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairunnisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Infeksi nososkomial merupakan salah satu indikator untuk melihat kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit. Salah satu infeksi nosokomial di Ruang Rawat Intensif yang sering terjadi dan memperpanjang masa rawatan adalah Central Line Associated Bloodstream Infection (CLABSI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka kejadian dan jenis mikroorganisme penyebab CLABSI di Ruang Rawat Intensif RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh dalam periode Agustus sampai Desember 2013. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan rancangan survei. Sampel penelitian ini adalah semua pasien pengguna kateter vena yang didiagnosis klinis sebagai CLABSI, dilakukan pemeriksaan kultur darah untuk mengetahui mikroorganisme penyebabnya. Dari hasil penelitian ini didapatkan 50 pasien yang menggunakan kateter vena sentral, 5 pasien diantaranya didiagnosis CLABSI. Angka kejadian CLABSI di Ruang Rawat Intensif didapatkan 9,57 per 1000 hari penggunaan kateter vena sentral. mikroorganisme penyebab CLABSI adalah Staphylococcus aureus (60%), Pseudomonas aeruginosa (20%) dan Klebsiella pneumoniae (20%). Hasil ini menunjukkan bahwa angka kejadian CLABSI di Ruang Rawat Intensif RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh masih tinggi bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Kata Kunci: Angka Kejadian, Central Line Associated Bloodstream Infection, Infeksi Nosokomial, Ruang Rawat Intensif

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEJADIAN CENTRAL LINE ASSOCIATED BLOODSTREAM INFECTION DI RUANG RAWAT INTENSIF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Khairunnisa, 2014)

KEJADIAN CENTRAL LINE ASSOCIATED BLOODSTREAM INFECTION (CLABSI) DI RSUDZA BANDA ACEH TAHUN 2015 (Ramadani, 2016)

HUBUNGAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR) DENGAN HIPOTERMIA DI RUANG RAWAT INTENSIF NEONATAL RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Jose Asmara, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN KAPASITOR BANK TERHADAP FAKTOR DAYA PADA SISTEM KELISTRIKAN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN THE EFFECT OF USE CAPASITOR BANK TO THE POWER FACTOR IN THE ELECTRICAL SYSTEM AT RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Surya Rahmad, 2019)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PERAWATAN ULANG PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUANG RAWAT ICCU DAN RUANG RAWAT JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015 (INDA LESTARI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy