FAKTOR FAKTOR PENYEBAB PENURUNAN PRODUKSI RENCONG SEBAGAI SOUVENIR ACEH DI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

FAKTOR FAKTOR PENYEBAB PENURUNAN PRODUKSI RENCONG SEBAGAI SOUVENIR ACEH DI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Hilma Syukria - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101030037

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci : Produksi Rencong, Modal, Biaya Produksi, Pemasaran dan Selera
Penelitian ini berjudul “Faktor-Faktor Penyebab Penurunan Produksi Rencong Sebagai Souvenir Aceh di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar” dengan rumusan masalah adalah 1) Apakah yang menjadi penyebab penurunan produksi rencong sebagai souvenir Aceh di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. 2) Apakah faktor paling dominan yang mempengaruhi penurunan produksi rencong sebagai souvenir Aceh di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh besar. 3) Apakah dampak penurunan produksi terhadap perkembangan usaha rencong sebagai souvenir Aceh di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Penyebab penurunan produksi rencong sebagai souvenir Aceh di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. 2) Faktor paling dominan yang mempengaruhi penurunan produksi rencong sebagai souvenir Aceh di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. 3) Dampak penurunan produksi terhadap perkembangan usaha rencong sebagai souvenir Aceh di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu data-data yang dikumpulkan akan dijelaskan dalam bentuk kata-kata. Objek dalam penelitian ini adalah data-data primer yang berhubungan dengan usaha souvenir rencong, sedangkan subjek untuk penelitian ini ialah beberapa pengrajin souvenir rencong yang ada di kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar yang diambil secara purposive sampling yaitu sample yang dipilih dengan cermat hingga relevan dengan desain penelitian. selanjutnya data-data dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data jenis keperpustakaan dan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan teknik analisa data berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini menggambarkan tentang usaha souvenir rencong yang terhambat oleh beberapa faktor yaitu kurangnya modal, tingginya harga bahan baku, rendahnya harga jual produk dan kurangnya minat masyarakat terhadap produk. Diantara beberapa faktor tersebut terdapat satu faktor paling dominan yang mempengaruhi penurunan produksi yaitu tingginya harga bahan baku. Dan faktor-faktor tersebut berdampak pada penurunan jumlah pengrajin souvenir rencong.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK