//

ANALISIS POTENSIAL AGREGAT UNTUK MATERIAL CAMPURAN BETON PADA QUARRY DESA BUNIN, KABUPATEN ACEH TIMUR.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad.haikal76@gmail.com - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Agregat merupakan suatu material penting sebagai campuran pembentuk beton. Kabupaten Aceh Timur saat ini sangat terbatas terhadap material agregat pembentuk beton yang baik. Secara visual quarry agregat pada Kecamatan Julok, Pante Bidari memiliki kualitas yang kurang baik sebagai material pembentuk beton. Namun pada Desa Bunin, material tersebut terlihat secara visual cukup baik dan memenuhi persyaratan agregat campuran beton. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan agregat pada Desa Bunin, Kabupaten Aceh Timur sebagai material bahan campuran beton. Pengujian yang dilakukan dengan mengetahui sifat fisis dan kadar lumpur pada agregat untuk mengetahui bahwa agregat dari bunin berpotensi untuk dijadikan sebagai bahan campuran beton secara alami, jika tidak maka dilakukan perlakuan baik dengan memisahkan jenis agregat ataupun membuang kadar lumpur dari agregat tersebut. Pada penelitian ini menggunakan agregat Desa Bunin sebanyak 35 kg berukuran maksimum 31,5 mm. Pemeriksaan sifat fisis menggunakan metode ASTM. Syarat kadar lumpur sesuai dengan SII.0052. Perencanaan campuran beton menggunakan metode ACI dengan FAS 0,4. Benda uji yang digunakan pada penelitian ini adalah beton silinder berdiameter 10 cm dan tinggi 20 cm. Slump yang direncanakan ialah 75 – 100 mm. Umur pengujian kuat tekan adalah 7 hari, 14 hari, dan 28 hari. Jumlah benda uji untuk semua perawatan beton adalah 18 (delapan belas) buah benda uji silinder berukuran 10 x 20 cm. Pengujian menggunakan alat buatan Jerman merk Ton Industri no.2551/90/1970. Pembebanan disesuaikan dengan syarat yang ada pada ASTM–C39. Kadar lumpur yang dimiliki oleh Desa Bunin sebesar 0,83%. Berat volume kerikil 1,604 kg/l, pasir kasar 1.641 kg/l, dan pasir halus 1.600 kg/l. Berat jenis kerikil SSD 2,49 OD 2,46, dan absorsi 1,37, pasir kasar SSD 2,52 OD 2,41 dan absorsi 4,85, pasir halus SSD 2,41 OD 2,26 dan absorsi 6,93. Agregat memiliki modulus halus butir pada kerikil sebesar 6,56, Pasir kasar 3,63, dan pasir halus 3,03. Kuat tekan setelah dikalikan faktor koreksi silinder 15 x 30 cm pada umur 7 hari rata-rata mencapai 14,49 Mpa, pada umur 14 hari sebesar 18,15 Mpa, dan pada umur 28 hari kuat tekan mencapai 20,56 Mpa. Hasil dari kuat tekan menunjukkan bahwa agregat memiliki karakteristik kadar lumpur dan sifat fisis yang baik sebagai material campuran beton. Kata Kunci : Sifat Fisis Material, Agregat, Desa Bunin

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS POTENSIAL AGREGAT PASIR UNTUK MATERIAL CAMPURAN BETON PADA QUARRY DESA LOKOP KABUPATEN ACEH TIMUR (Iklasul amal, 2017)

ANALISIS POTENSIAL AGREGAT UNTUK MATERIAL CAMPURAN BETON PADA QUARRY DESA SRIMULYA KABUPATEN ACEH TIMUR (Ferdian Abdul Azis, 2017)

ANALISIS POTENSIAL AGREGAT UNTUK MATERIAL CAMPURAN BETON PADA QUARRY DESA LOKOP KABUPATEN ACEH TIMUR (Rizki Irwinsyah Putra, 2017)

ANALISIS POTENSIAL AGREGAT UNTUK MATERIAL CAMPURAN BETON PADA QUARRY DESA BUKIT PANYANG KABUPATEN ACEH TIMUR (Masyithah, 2017)

ANALISIS POTENSIAL AGREGAT UNTUK MATERIAL CAMPURAN BETON PADA QUARRY DESA BUKIT BATA KABUPATEN ACEH TIMUR. (Teuku Ali Fadillah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy