//

ANALISIS GELOMBANG GESER (VS) MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALISYS OF SURFACE WAVE) DI KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad saputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kota Banda Aceh telah mengalami perkembangan yang pesat, baik dari segi pertumbuhan penduduk maupun ekonominya. Dalam beberapa tahun terakhir Banda Aceh telah beberapa kali terjadi bencana alam, seperti halnya gempa bumi. Gempa bumi yang pernah terjadi di Aceh antara lain yaitu pada 26 Desember 2004 Gempa bumi dan tsunami, dari beberapa kejadian gempa bumi di Aceh, mayoritas terjadi kerusakan pada bangunan-bangunan sipil sehingga menyebabkan kerugian yang besar. Getaran yang disebabkan oleh gempa cenderung membesar pada tanah lunak dibandingkan pada tanah keras atau batuan, proses penentuan tingkat kekerasan tanah tersebut didasarkan atas data tanah pada kedalaman hingga 30 meter, karena menurut penelitian hanya lapisan-lapisan tanah sampai kedalaman 30 meter saja yang menentukan pembesaran gelombang gempa (Bangun, 2003:5). Data tanah tersebut terdiri dari shear wave velocity (kecepatan rambat gelombang geser), standard penetration test (SPT) dan undrained shear strength (kuat geser tanah tidak berdrainase) dan untuk klasifikasi tanah tipe batuan keras sesuai dengan UBC (Uniform Building Code) dan E8 (Euroecode 8). Ada 10 titik penelitian lapangan kecepatan gelombang geser (Vs) tanah, ditinjau pada kawasan startegis Kota Banda Aceh di Kecamatan Ulee Kareng yang bertujuan untuk dapat menggambarkan situasi pemetaan kecepatan gelombang geser (Vs) tanah. Pemetaan kecepatan gelombang geser (Vs) tanah merupakan salah satu solusi yang dapat menambah data-data yang digunakan dalam suatu perencanaan konstruksi maupun dalam perencanaan tata ruang dan wilayah, serta dapat mengklasifikasikan tingkat kekerasan tanah berdasarkan SNI 1726-2012. Pengambilan data seismik akan dilakukan menggunakan metode MASW (Multi channel analisys of surface wave), dan selanjutnya interpretasi data dilakukan dengan menggunakan software SeisImager/SW, yang kemudian akan dipetakan menggunakan software ArcGis 10. Kata Kunci : Kecepatan gelombang geser (Vs), Pemetaan kecepatan gelombang geser (Vs), MASW (Multi channel analisys of surface wave).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS GELOMBANG GESER (VS) MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALISYS OF SURFACE WAVE) DI KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Muhammad saputra, 2016)

INVESTIGASI LAPISAN BAWAH PERMUKAAN DI KECAMATAN MEURAXA, BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) (Reni Sri Wahyuni, 2018)

INVESTIGASI SUB PERMUKAAN PADA LOKASI LONGSOR JALAN MEULABOH-TUTUT KM 65 MENGGUNAKAN METODE MASW (Nazri Ali, 2017)

KECEPATAN GELOMBANG GESER (VS30) UNTUK PEMETAAN MIKROZONASI DI KECAMATAN MEURAXA, BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) (Livia Minda Yeni, 2018)

INVESTIGASI KEKUKUHAN TANAH BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN NILAI KECEPATAN GELOMBANG GESER (VS) MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) DI KABUPATEN ACEH BESAR (Mohd. Aidil Rizky, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy