pembelajaran statistika dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray di kelas XI SMK-SMTI negeri Banda Aceh | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

pembelajaran statistika dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray di kelas XI SMK-SMTI negeri Banda Aceh


Pengarang

Syarifah Raudhatun Nisak - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103020069

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci : Model kooperatif tipe two stay two stray, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar, Materi Statistika
Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray merupakan salah satu model pembelajaran dalam matematika. Beberapa penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray memberikan dampak yang positif dalam pembelajaran matematika. Statistika merupakan salah satu pokok bahasan dalam matematika. Dengan menerapkan model pembelajaran ini diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran statistika akan ebih baik. Penelitian yang berjudul “Pembelajaran Statistika Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray di Kelas XI SMK-SMTI Negeri Banda Aceh” ini mengangkat masalah Apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan secara konvensional pada materi statistika di kelas XI SMK-SMTI Negeri Banda Aceh?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan siswa yang diajarkan secara konvensional pada materi statistika di kelas XI SMK-SMTI Negeri Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan True Exprimental Design jenis Postest-Only Control Goup Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK-SMTI Banda Aceh, sedangkan sampelnya diambil dua kelas yaitu kelas XI¬A yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan kelas XIB dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05 dengan mula-mula menguji homogenitas dan uji normalitas data, dari hasil perhitungan didapat kedua kelas bersifat homogen dan berdistribusi normal sehingga uji-t bisa dilakukan. Pada uji-t diperoleh thitung = 1,77 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel, ini menunjukkan bahwa t berada di daerah penolakan Ho dan penerimaan H1 pada taraf nyata ?=0,05. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan secara konvensional pada materi statistika di kelas XI SMK-SMTI Negeri Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK