//

IDENTIFIKASI KEMUNGKINAN TERJADINYA RISIKO TERHADAP ASPEK KONTRAK DAN PERENCANAAN PADA PROYEK KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Provinsi Aceh pernah dilanda konflik politik dan bencana alam berupa gempa bumi serta tsunami yang menimbulkan kerusakan pada sarana dan prasarana insfrastruktur. Keadaan tersebut menyebabkan proyek konstruksi di Provinsi Aceh menghadapi berbagai risiko yang berpengaruh terhadap kinerja, biaya, dan waktu pelaksanaan proyek. Oleh karena itu, perlu dipahami risiko-risiko yang muncul sehingga pelaksanan pekerjaan proyek konstruksi sesuai dengan yang direncanakan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka pokok permasalahan dalam penulisan ini adalah apa saja variabel risiko yang paling dominan terjadi pada proyek konstruksi selama masa konflik (tahun 2000-2004), rehabilitasi dan rekonstruksi (tahun 2005 – 2009), dan pasca rehabilitasi dan rekonstruksi (tahun 2010 – 2016). Ruang lingkup penelitian ini adalah risiko dalam aspek kontrak dan perencanaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor dan variabel risiko yang dominan terjadi terhadap aspek kontrak dan perencanaan dalam proyek konstruksi pada tiga masa tersebut serta pengaruh variabel dan ketiga masa terhadap tingkat risiko dan kemungkinan terjadinya. Pengumpulan data dilakukan penyebaran kuesioner kepada 15 penyedia jasa kualifikasi besar yang sudah berdiri sebelum tahun 2005 yang berdomisili di Provinsi Aceh. Pengolahan data menggunakan analisis Frequency Index (FI) untuk mengetahui faktor dan variabel risiko yang dominan dan Analysis of varians (ANOVA) untuk mengetahui pengaruh variabel dan ketiga masa yang ditinjau terhadap kemungkinan terjadinya. Hasil dari perhitungan analisis Frequency index diperoleh faktor dan variabel risiko yang dominan terjadi pada tiga masa tinjauan yaitu perencanaan (desain) dan variabel pada masa konflik dan masa rehabilitasi rekonstruksi dengan nilai FI sebesar 0,453 adalah kesalahan perhitungan volume pekerjaan oleh perencana sedangkan pada masa pasca rehabilitasi dan rekonstruksi dengan nilai FI sebesar 0,413 adalah dokumen perencanaan berbeda dengan kondisi lapangan dan data tanah tidak lengkap. Hasil dari Analysis of varians (ANOVA) adalah adanya pengaruh risiko kontrak dan perencanaan dari variabel dan tiga masa tersebut terhadap kemungkinan terjadinya risiko. Kata kunci : faktor kontrak, faktor perencanaan, kontraktor, proyek konstruksi, risiko.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BANDA ACEH MADANI EDUCATION CENTER (Arif Fadhillah, 2017)

PERBANDINGAN RISIKO BIAYA ANTARA KONTRAK LUMPSUM DAN KONTRAK UNIT PRICE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA BANDA ACEH (Cici Afifah, 2021)

RISIKO EKSTERNAL PADA PELAKSANA PROYEK KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH (Syarafina, 2016)

ANALISIS RISIKO PENAWARAN UNDERESTIMATE COST TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI PROVINSI ACEH (Hamdani, 2016)

RISIKO FINANSIAL DAN METODE KONSTRUKSI PADA KONTRAKTOR PELAKSANA KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH (Husna Amalia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy