//

KAJIAN KONDISI MUTU BANGUNAN SEKOLAH PASCA 10 TAHUN (SDN 65 GAMPONG LAMPULO DAN SMPN 1 GAMPONG KAJHU) TSUNAMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mufarrah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sektor pendidikan merupakan salah satu prioritas kegiatan rehabilitasi dan rekontruksi pasca gempa dan tsunami pada tanggal 26 Desember 2004. Proses pembangunan sekolah dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan dibantu oleh lembaga-lembaga donor, baik dalam maupun luar negeri. SDN 65 Lampulo dan SMAN 1 Kajhu merupakan dua sekolah terkena dampak bencana gempa dan tsunami. Dalam proses rehabilitasi dan rekontruksi, sekolah tersebut mendapatkan bantuan pembangunan gedung sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi mutu infrastruktur bangunan sekolah dari faktor kondisi mutu arsitektural, struktural, mekanikal, elektrikal, tata luar, dan peran serta masyarakat. Penelitian ini mengambil lokasi bangunan sekolah SDN 65 Lampulo dan SMAN 1 Kajhu dengan objek yang ditinjau adalah kondisi mutu bangunan yang dinilai oleh pihak-pihak yang terlibat dalam lingkungan sekolah, yaitu kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi lapangan dan mendapatkan hasil bahwa karakteristik responden pihak yang terlibat dalam lingkungan sekolah SDN 65 Lampulo dan SMPN 1 Kajhu 50% pada kategori pria sebanyak 15 orang dan 50% pada kategori wanita sebanyak 15 oirang. Dari kategori usia dengan persentase tertinggi yaitu sebesar 33% dengan usia 21-30 tahun sebanyak 10 orang. Ditinjau dari pekerjaan tiap – tiap responden, untuk kategori pekerjaan sebanyak 24 orang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan persentase sebesar 80%. Kondisi mutu bangunan sekolah SMPN 1 Kajhu dari variabel arsitektural memiliki kualitas yang baik dengan nilai mean maksimum 3,00. Mutu bangunan sekolah SDN 65 Lampulo dari kondisi variabel structural memiliki kualitas baik diperoleh nilai mean 2,93. Mutu bangunan sekolah SDN 65 Lampulo dari kondisi variabel tata ruang diperoleh nilai mean tertinggi sebesar 3,00 (baik) yaitu pada kondisi lapangan upacara dan mutu bangunan sekolah SMPN 1 Kajhu dari kondisi variabel peran serta masyarakat diperoleh nilai mean tertinggi sebesar 3,00 (baik) dalam penerimaan bantuan. Kata kunci : Bangunan, Kondisi, Mutu, Sekolah, Pasca Tsunami.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KONDISI INFRASTRUKTUR DRAINASE PASCA 10 TAHUN TSUNAMI STUDI KASUS DI GAMPONG LAMPULO DAN GAMPONG KAJHU (Heri Syahputra, 2016)

KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DUSUN TONGKOL GAMPONG ULEE-LHEUE PRA DAN PASCA TSUNAMI (PENELITIAN DILAKUKAN DI BARAK PENGUNGSIAN GAMPONG LHONG RAYA KECAMATAN BANDA RAYA KOTA BANDA ACEH) (EKA ASTUTIKA, 2020)

ANALISIS TINGKAT KELAYAKAN PROSES EVAKUASI TSUNAMI DI KECAMATAN KUTA ALAM (Enny Irmawati Hasan, 2018)

DAMPAK KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP MASYARAKAT LAMPULO BANDA ACEH (WIDYA MAULINA, 2018)

IDENTIFIKASI TINGKAT PENDAPATAN DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN GARAM PRA DAN PASCA TSUNAMI DI DESA KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Yunidar, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy