//

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SOFIA NINGSIH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : model pembelajaran TPS, Hasil Belajar, materi Segiempat Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika yaitu kecerdasan, kesiapan anak, bakat anak, kemauan belajar, minat anak, model penyajian materi, pribadi dan sikap guru, suasana belajar, kompetensi guru dan kondisi masyarakat. Banyak kendala yang dihadapi seperti dalam hal ketelitian, visualisasi, kecepatan dan ketepatan dalam menghitung. Hambatan-hambatan ini menciptakan sugesti buruk terhadap matematika sehingga minat dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi segiempat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre Experimental Design. Desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh, sedangkan sampelnya seluruh siswa kelas VII1 dengan banyak siswa 26 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan dengan tes hasil belajar yang dilakukan di awal pembelajaran (pretest) dan diakhir pembelajaran (protest). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan pada taraf signifikan (α) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 25. Dari perhitungan tersebut thitung> ttabel (4,78>2,06). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VII SMP 18 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 18 BANDA ACEH (nur maulidawati, 2013)

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELANGKAAN SUMBER DAYA EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)RNDI SMP NEGERI 1 PANGA (Nurdiana, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Varadilla, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI MENULIS SURAT RESMI DI KELAS VI SD NEGERI 3 TAPAKTUAN (Wilda Aslita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy