//

PENGARUH JENIS SUPERPLASTICIZER TERHADAP KUAT TARIK BETON MUTU TINGGI DENGAN BAHAN TAMBAHAN ABU CANGKANG SAWIT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afvriady koerniawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perkembangan konstruksi saat ini membuat pembangunan bidang konstruksi seperti jembatan dengan bentang panjang dan gedung bertingkat tinggi mengunakan beton mutu tinggi sebagai elemen strukturnya. Penggunaan semen dalam campuran beton mutu tinggi sangatlah besar jumlahnya. Pemilihan abu cangkang sawit sebagai campuran beton yang memiliki kadar silika oksida (SiO2) cukup tinggi, sehingga dapat disubstitusikan sebagai penganti sebagian semen. Beton mutu tinggi dengan tambahan abu cangkang sawit mempunyai viscositas yang tinggi sehingga workability yang rendah (susah dikerjakan). Penambahan superlastisizer (high range water reducer) dalam campuran beton mutu tinggi meningkatkan kelecakan beton (workabilitas) dengan komposisi air yang sedikit. Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui pengaruh jenis superplastisizer sikament LN (sebanyak 1% dari berat semen), sikament NN (sebanyak 1,5% dari berat semen) dan viscocrete (sebanyak 1,5% dari berat semen) terhadap kuat tarik belah dan kuat tarik lentur beton mutu tinggi dengan bahan tambah abu cangkang sawit. Ukuran split (batu pecah) maksimum 12 mm. Faktor air semen (FAS) yang digunakan adalah 0,3. Abu cangkang sawit yang digunakan adalah sebesar 10% terhadap berat semen. Benda uji yang digunakan untuk kuat tarik belah adalah silinder dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm, dan pengujian kuat tarik lentur adalah balok berukuran 60 cm x 15 cm x 15 cm. Pengujian benda uji dilakukan pada benda uji berumur 28 hari dan 56 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuat Tarik maksimum diperoleh pada beton mutu tinggi menggunakan superplasticizer viscocrete-10 (sebanyak 1,5% dari berat semen) dengan bahan tambahan abu cangkang sawit. Penggunaan superplasticizer viscocrete-10 dengan bahan tambahan abu cangkang sawit menghasilkan workabilitas yang lebih baik dan berat volume yang tinggi sehingga terjadi pengikatan partikel semen dan air yang lebih cepat. Hal ini membuat peningkatan mutu beton signifikan pada umur pengujian 28 hari dan peningkatan melambat pada umur pengujian 56 hari. Kata Kunci : beton mutu tinggi, jenis superplastisizer, abu cangkang sawit, kuat tarik belah, kuat tarik lentur.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JENIS SUPERPLASTICIZER TERHADAP KUAT TEKAN BETON MUTU TINGGI DENGAN BAHAN TAMBAHAN ABU CANGKANG SAWIT (Fakhrur Razi, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN BONGKAHAN CANGKANG SAWIT (BCS) SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT KASAR TERHADAP KUAT TARIK DAN KUAT GESER BETON MUTU TINGGI (Meutia Yulina, 2015)

STUDI KUAT GESER BETON MUTU TINGGI DENGAN VARIASI JENIS SUPERPLASTICIZER MENGGUNAKAN ADDITIVE ABU CANGKANG SAWIT (Nazalul Azmi, 2017)

PENGARUH JENIS SUPERPLASTICIZER TERHADAP PANAS HIDRASI DAN ABSORPSI BETON MUTU TINGGI DENGAN BAHAN TAMBAHAN ABU CANGKANG SAWIT (Bahlul Idana, 2020)

PENGARUH PENGGUNAAN KERAK BOILER CANGKANG SAWIT SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TARIK DAN KUAT GESER BETON MUTU TINGGI (MUHAMMAD IMAM PRATAMA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy