//

INTERAKSI SOSIAL DALAM RUANG VIRTUAL (STUDI PADA PENGGUNA AKTIF MEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA FISIP)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hijriah Trianna - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Melalui media internet interaksi sosial dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja tanpa harus bertatap muka secara langsung. Dengan berkembangnya jaringan internet maka yang jauh terasa dekat masyarakat yang dulunya mengeluhkan sulitnya komunikasi dengan dunia luar, sekarang telah teratasi dengan hadirnya internet di tengah-tengah kita. Dengan service yang serba cepat kita bisa menikmati berbagai komunikasi, sosialisasi, hiburan dan sebagainya, yang bisa kita dapatkan tanpa pengawas, sehingga kita merasa berada di dunia ciptaan sendiri. Peneliti mencoba meneliti interaksi sosial yang terjadi dalam ruang virtual di kalangan mahasiswa FISIP Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini mengadopsi teori Dramaturgi dari Evering Goffman, melalui pendekatan ini Goffman menggunakan bahasa dan khayalan teater untuk menggambarkan fakta mengenai interaksi sosial di kalangan mahasiswa fisip, dalam berinteraksi di media sosial mahasiswa membuat sebuah impression management dengan mempersiapkan front region, back stage dan bracking character. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data utama penelitian adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data adalah partisipasi di mana peneliti memilih responden secara sengaja serta mengamati secara bertahap mengenai informasi yang diberikan responden agar informasi yang di peroleh original dalam wawancara, wawancara di lakukan secara lisan dan mendalam serta peneliti juga sudah melakukan observasi pada lokasi penelitian.Secara umum hasil analisis penelitian menjelaskan bahwa, pada saat terjadinya interaksi sosial dalam ruang virtual maka aktor (mahasiswa) secara sadar membentuk menejemen kesan ketika memposting foto, maupun video dengan kutipan yang baik dengan tujuan tertentu, hal ini dilakukan untuk memperoleh kepuasan diri dan meningkatkan kepercayaan diri melalui jumlah likers dan followers pada akun media sosial yang di miliki. Hal ini terlihat dari postingan yang di upload merupakan foto yang terpilih dan jika followers meningkat maka likers juga meningkat sehingga aktor akan secara berkelanjutan memposting hal serupa. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, pengguna media sosial lebih pintar menggunakan akun media sosial, karena segala sesuatu yang di posting akan menggambarkan citra diri dan mewakili wajah budaya pada daerah sediri. Kata kunci: Interaksi Sosial, Sosial Media, Virtual

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN INTERAKSI SOSIAL PADA PENGGUNA SMARTPHONE (STUDI PADA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Syahril Fajar, 2018)

MOTIVASI MAHASISWA BERGABUNG DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISIP UNSYIAH YANG MENGGUNAKAN INSTAGRAM) (M. Furqan Alfindra, 2017)

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL GRUP MESSENGER LINE DI KALANGAN MAHASISWA DALAM MENDAPATKAN INFORMASI PERKULIAHAN (STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Karmila, 2018)

MOTIVASI PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM INTERAKSI SOSIAL ANAK MUDA (STUDI TERHADAP MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Ikram Fuadi, 2018)

PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INTERAKSI SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Inong Rizki Firdhah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy