//

ANALISIS KETIMPANGAN DAN PERUBAHAN STRUKTUR EKONOMI KAWASAN BASAJAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI MARHAMAH - Personal Name
SubjectECONOMIC DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat ketimpangan dan perubahan struktur ekonomi kawasan BASAJAN tahun 2008-2013. Penelitian tersebut dilakukan di tiga Kab/Kota yaitu Kota Banda Aceh, Sabang, dan Jantho- Aceh Besar. Model yang digunakan adalah analisis konvergensi sigma dan analisis shift share dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh. Hasil penelitian koefisien konvergensi menunjukan bahwa Kab/Kota kawasan BASAJAN bernilai positif yang berarti terjadinya divergensi atau terjadinya peningkatan disparitas PDRB dalam kawasan tersebut. Berdasarkan hasil yang diperoleh tingkat ketimpangan paling rendah dalam kawasan tersebut terdapat pada tahun 2009 sebesar 0,7565. Hasil analisis shift share menunjukan bahwa total keseluruhan sebesar 80.648.801 juta rupiah merupakan total pertambahan PDRB di kawasan BASAJAN. Secara keseluruhan semua sektor di kawasan BASAJAN mempunyai pengaruh pertumbuhan wilayah (N) yang positif dan ada empat sektor yang mempunyai bauran industri (P) yang bagus yaitu sektor perdagangan hotel dan restoran, bangunan, listrik dan air bersih, dan sektor keuangan persewaan dan jasa perusahaan. Ada tujuh sektor ekonomi yang mempunyai keunggulan kompetitif yaitu sektor perdagangan hotel dan restoran, pertanian, jasa-jasa, bangunan, pengangkutan dan komunikasi, keuangan persewaan dan jasa perusahaan dan sektor listrik dan air bersih. Akhirnya, dapat dikatakan bahwa selama periode 2008-2013 kinerja semua sektor ekonomi menunjukan hasil yang positif kecuali sektor pertambangan dan penggalian dan sektor industri pengolahan yang bernilai negatif dan diikuti perubahan struktur ekonomi dengan indikasi dalam masa transisi dari perekonomian yang didominasi sektor primer menuju sektor sekunder dan tersier.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN DI WILAYAH SUMATERA (MAULIZAR SARI, 2020)

ANALISIS PENGARUH KETIMPANGAN GENDER TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (IRVANI TRI UTARI, 2021)

KETIMPANGAN PENDAPATAN PROVINSI DI INDONESIA: ANALISIS DATA PANEL (RAUDHATIL WIRDA. Z, 2019)

ANALISIS KETIMPANGAN WILAYAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI ANTARA KABUPATEN INDUK DAN PEMEKARANNYA DI PROVINSI ACEH (SULASMI, 2020)

ANALISIS KETIMPANGAN VARIABEL EKONOMI ACEH TERHADAP INDONESIA (Teuku Kudratul Amal Husfa, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy