//

STUDI EKOLOGI SPESIES INSEKTA PADA TANAMAN RAMBUTAN DI PERKEBUNAN MASYARAKAT GAMPONG MEUNASAH BAK 'U KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IMILYANA KURNIAWATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Studi Ekologi, Spesies Insekta, Tanaman Rambutan Penelitian tentang Studi Ekologi Spesies Insekta Pada Tanaman Rambutan Di Perkebunan Masyarakat Gampong Meunasah Bak ‘U Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar telah dilaksanakan pada bulan Desember 2015 s.d April 2016. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui studi ekologi (keanekaragaman spesies, kepadatan populasi, dan dominansi spesies) insekta Pada Tanaman Rambutan Di Perkebunan Masyarakat Gampong Meunasah Bak ‘U Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar (2) Untuk mendeskripsikan spesies insekta Pada Tanaman Rambutan Di Perkebunan Masyarakat berdasarkan hasil pengamatan dan kajian litelatur, dan (3) Untuk mengetahui spesies insekta yang menguntungkan dan merugikan berdasarkan fase metamorfosis. Metode penelitian digunakan adalah survey. Pengumpulan data dilakukan pada 3 stasiun, dan penentuan titik pengamatan secara Purposive Sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan menggunakan rumus keanekaragaman, kepadatan, dan dominansi. Hasil penelitian (1) Studi ekologi meliputi nilai indeks keseluruhan keanekaragaman spesies insekta adalah H’=2,76 (kategori sedang), kepadatan populasi insekta 7,55 ind/m2¬, dan spesies insekta yang mendominansi Delta campaniforme dengan nilai indeks dominansi 0,008 (2) Spesies insekta yang ditemukan memiliki perbedaan morfologi terutama pada warna, bentuk, sayap, panjang tungkai, alat penghisap, dan panjang antenna. (3) Spesies Insekta yang menguntungkan dan merugikan dibedakan berdasarkan fase metamorphosis yaitu fase larva/ nimfa (merugikan) dan fase imago (menguntungkan).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN INSEKTA PADA TANAMAN CENGKEH DI GAMPONG MEUNASAH BEUTONG KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Intan Maulina, 2016)

IDENTIFIKASI INSEKTA DIURNAL DI PERKEBUNAN KAMPUNG PADANG KECAMATAN TERANGUN KABUPATEN GAYO LUES (Maspira, 2020)

INSEKTA YANG MENGUNJUNGI TANAMAN CABAI (CAPSICUM ANNUM L) DI KAWASAN LAMREUNG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Azahri, 2014)

INVENTARISASI INSEKTA DI PERKEBUNAN BUAH NAGA (HYLOCEREUS UNDATUS) KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Yurifa Danisa, 2017)

PEMETAAN SEBARAN DAN LUASAN HUTAN MANGROVERNDI KECAMATAN LEUPUNG, KABUPATEN ACEH BESARRNDENGAN MENGGUNAKAN DATA CITRA LANDSAT 8 (PAWIT TRIMANTO, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy