//

PERANAN DINAS PERHUBUNGAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH MELALUI PROGRAM CAR FREE DAY DALAM MENSOSIALISASIKAN KESADARAN LINGKUNGAN KEPADA MASYARAKAT BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYAHRYANDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Peranan Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Banda Aceh Melalui Program Car Free Day dalam Mensosialisasikan Kesadaran Lingkungan Kepada Masyarakat Banda Aceh”. Permasalahannya adalah mengapa car free day menjadi program sosialisasi kesadaran lingkungan di Kota Banda Aceh dan bagaimanakah peran Dinas Perhubungan dalam mensosialisasikan kesadaran lingkungan melalui car free day. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui car free day menjadi program sosialisasi kesadaran lingkungan di Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui peran Dinas Perhubungan dalam mensosialisasikan kesadaran lingkungan melalui car free day. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dan informasi diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam kepada informan, kemudian dilakukan observasi dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi data, diklasifikasikan, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa Dishubkominfo sangat berkomitmen dalam menjalankan program ini agar dapat terlaksana secara berkesinambungan dan memberikan pengetahuan serta wawasan bagi masyarakat dalam menjaga lingkungan tempat tinggalnya. Sedangkan peranan Dishubkominfo dalam mensosialisasikan kesadaran lingkungan melalui car free day yaitu melalui penutupan ruas jalan dan pengalihan arus kendaraan bermotor, pelaksanaan sosialisasi ketertiban lalu lintas, pemeliharaan kebersihan lingkungan serta penggunaan alat pengujian kendaraan bermotor. Saran kepada Dishubkominfo, car free day sebagai program sosialisasi yang direncanakan sebagai program jangka panjang harus ditingkatkan dari segi waktu pelaksanaan dan cakupan wilayah guna meningkatkan pencapaian sasaran masyarakat menjadi lebih tinggi di masa mendatang. Sedangkan untuk meningkatkan peran Dishubkominfo dalam mensosialisasikan kesadaran lingkungan melalui car free day diperlukan kerjasama dan koordinasi yang baik antara berbagai dinas yang terkait dengan kegiatan ini untuk dapat senantiasa bahu-membahu dalam pelaksanaan kegiatan ini untuk kedepannya. Kata Kunci : Peranan, Car Free Day, Kesadaran Lingkungan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSEDUR PENGHITUNGAN DAN PELAPORAN PPN ATAS PENGADAAN BARANG YANG DI DANAI SUMBER DANA OTSUS PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDA ACEH (RAHMALIA, 2018)

PROSEDUR PEMUNGUTAN, PENYETORAN PPN ATAS PEMBANGUNAN SARANA DI TERMINAL PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDA ACEH (FAIRUS, 2019)

AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDA ACEH (IMAM DARMANSYAH, 2018)

UPAYA DINAS PERHUBUNGAN DALAM MENGEMBALIKAN FUNGSI HAK PEJALAN KAKI DI KOTA BANDA ACEH (Hidayat, 2019)

PROSEDUR PENYUSUNAN LAPORAN REALISASI PENERIMAAN DANA RETRIBUSI DAERAH BERDASARKAN SURAT TANDA SETORAN BANK PADA DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BANDA ACEH (SONYA SARAH DEVI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy