//

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENENTUKAN AKAR-AKAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI TAHAPAN KASTOLAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Puji Lestari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ajirna. 2016. Analisis kesalahan siswa dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat melalui tahapan kastolan di kelas VIII SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Skripsi, jurusan pendidikan matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. RM. Bambang, S., M.Pd., (2) Drs. Budiman, M. Si Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Menyelesaiakan soal, persamaan kuadrat Materi Persamaan Kuadrat merupakan salah satu materi yang diajarkan di SMP dan harus dipahami secara mendalam oleh siswa, karena materi persamaan kuadrat selanjutnya juga akan dipelajari oleh siswa di tingkat SMA. Akan tetapi masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam penyelesaian soal-soal persamaan kuadrat. Berdasarkan permasalahan di atas sehingga membuat penulis tertarik untuk mengkaji kesalahan-kesalahan apa saja yang di lakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal berbentuk akar persamaan kuadrat.kesalahan adalah kekeliriuan dan faktor terjadinya kesalahan disebabkan oleh kesulitan. Di dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa-siswi dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat di SMP Negeri 19 percontohan Banda Aceh. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa-siswi kelas VIIIdan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII1, yang mana jumlah siswanya terdiri dari 25 orang dalam satu kelas dan diambil 6 subjeck untuk diwawancarai. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan wawancara, dari hasil tes terlihat bahwa banyak siswa yang melakukan kesalahan, baik kesalahan konseptual maupun kesalahan prosedural dan ada juga beberapa siswa yang melakukan kesalahan teknik, persentase kesalahan konseptual 35%, Persentase kesalahan prosedur sebesar 46%, dan persentase kesalahan teknik 15%. Adapun jenis kesalahan konseptual yang dilakukan oleh siswa SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh diantaranya tidak bisa menggunakan rumus dengan benar, salah dalam memahami soal, dan kesalahan karena tidak tahu bentuk dasar persamaan kuadrat. Kesalahan prosedural yang dilakukan oleh siswa diantaranya siswa tidak dapat melanjtukan soal sampai pada tahap yang benar, siswa tidak bisa memanipulasi langkah-langkah penyelesaian soal. Dan kesalahan teknik adalah kesalahan dalam penjumlahan atau pengurangan atau operasi hitung dan ada variabel yang terlewatkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENENTUKAN AKAR-AKAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI TAHAPAN KASTOLAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (Puji Lestari, 2016)

ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DIKELAS VIII MTSN LAM UJONG ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2016/2017 (Herni Maituty, 2017)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMPN 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH MEMAHAMI STRUKTUR BATIN PUISI KENANGAN DALAM KEIKHLASAN KARYA MOHD. HARUN AL RASYID (said faradi idrus, 2016)

PROSES PEMBELAJARAN SENI TARI PADA MATERI TARI KREASI GAYA TRADISIONAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (CUT RAHMATILLAH, 2017)

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ELLA SEPTIANA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy