//

PENGUJIAN KUALITAS AIR HUJAN DENGAN APLIKASI MEDIA GREEN ROOF DI PERUMAHAN BUMI PERMATA LAMNYONG KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRI ANDRI YANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perubahan iklim di Indonesia mengakibatkan durasi waktu musim kemarau dan musim hujan tidak mudah untuk diprediksi. Oleh karena itu, sumberdaya air harus dilindungi agar tetap dimanfaatkan dengan beragam cara, salah satunya dengan menampung air hujan melalui media green roof atau atap hijau. Upaya pengelolaan green roof atau atap hijau perlu dilakukan agar semaksimal mungkin dapat digunakan untuk persediaan air. Pemanenan air hujan melalui media green roof merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi limpasan hujan yang berlebihan dan dapat menjadi cadangan air pada saat musim kemarau. Penelitian ini dilakukan di Perumahan Bumi Permata Lamnyong Kabupaten Aceh Besar, pada bulan September 2015 hingga Oktober 2015. Alat yang digunakan dalam penelitian permodelan green roof yaitu model green roof. Pada penelitian ini membuat tiga permodelan green roof, dimana lapisan penyaringnya berbeda-beda. Permodelan pertama menggunakan lapisan penyaring tanah, batu kerikil, bulu ijuk dan arang. Permodelan kedua menggunakan lapisan penyaring tanah, bulu ijuk, arang dan batu kerikil. Permodelan ketiga menggunakan lapisan penyaring tanah, arang, batu kerikil dan bulu ijuk, yang masing-masing tebal lapisan penyaringnya 20 cm.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari pengujian sampel air hujan yang melewati tanamangreen roof denganparameter yang digunakan yaitu pH, suhu, kekeruhan (turbiditas), nitrat, nitrit, amonia, sulfat, Total Dissolved Solid (TDS), Total Coliform, dan Fecal coliform.Data yang sudah dikumpulkan kemudian diuji dengan menggunakan metode STORET. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil klasifikasi mutu air hujan menggunakan metode STORET padalapisan media penyaring yang berbeda susunannya dapat mempengaruhi kualitas air hujan. Kualitas air hujan media green roof bak 1 termasuk dalam kualitas tercemar sedang. Kualitas air hujan media green roof bak 2 termasuk dalam kualitas memenuhi baku mutu. Sedangkan kualitas air hujan media green roof bak 3 termasuk dalam kualitas tercemar sedang. Lapisan media penyaring yang berbeda juga dapat mempengaruhi nitrat, nitrit, dan ammonia. Pada penelitian ini, permodelan bak 2 yang paling baik digunakan untuk penyaringan air hujan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS NILAI TAMBAH PROSES PENGOLAHAN KOPI ARABIKA GAYO ACEH (STUDI KASUS PADA KOPERASI KBQ BABURRAYAN DAN KOPERASI PERMATA GAYO) (Taufiqurrahman, 2020)

PENERAPAN GREEN BUILDING PADA RUMAH TINGGAL BERDASARKAN GREENSHIP RATING TOOLS DI KOMPLEK PERUMAHAN KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR (PUTRI SAVIRA DIANATY, 2018)

PERUMAHAN RAMAH LINGKUNGAN DI BANDA ACEH (Khairul Rizal Sb, 2017)

RANCANG BANGUN ALAT SISTEM PENJEMURAN IKAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 8535 (Riki Rinanda, 2017)

ANALISIS NILAI TAMBAH PROSES PENGOLAHAN KOPI ARABICA GAYO ACEH (STUDI KASUS PADA KOPERASI KBQ BABURRAYAN DAN KOPERASI PERMATA GAYO) (Taufiqurrahman, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy